BREAKINGNEWS! Jumansyah Tewas Tenggelam di Perairan Palaran Samarinda

Korban Memperbaiki Baling-Baling Kapal

0 596

DETAKKaltim.Com, PALARAN: Hanya sekitar 4 jam pasca mendapat laporan hilangnya Jumansyah (52) yang sedang menyelam memperbaiki baling-baling kapal, Tim SAR Gabungan sudah berhasil menemukan korban, Senin (10/7/2023) Pukul 16:50 Wita.

Melansir keterangan dari Tim SAR Gabungan di lokasi kejadian, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkianus Kotta dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com Pukul 17:44 Wita menyebutkan, korban Jumansyah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Penemuan itu berawal dari upaya pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan sejak Pukul 14:30 Wita. di daerah lokasi kejadian (LKP) dengan menggunakan Alat Aquaeye.

“Pada Pukul 16:50 Wita, Tim SAR Gabungan melakukan penyelaman di sekitar LKP. Tepatnya di bawah kapal, dan ditemukan korban Jumansyah dalam keadaan MD (Meninggal Dunia-red),” jelas Melkianus.

Baca Juga:

Setelah ditemukan, korban Jumansyah yang beralamat di Muara Penoon, Kembang Janggut, Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, selanjutnya dievakuasi ke RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda menggunakan ambulance.

Sebelumnya, Farid Potensi SAR Samarinda melaporkan Jumansyah hilang saat penyelaman di Dermaga PT Segara Timber Palaran, Handil Bakti, Samarinda.

Peristiwa naas itu dilaporkan terjadi, Senin (10/7/2023) sekitar Pukul 09:30 Wita yang dilaporkan pada Pukul 12:30 Wita. Lokasi diperkirakan terjadi pada posisi 0°32’47.2″S 117°09’54.7″E.

Kronologis kejadian sebagaimana dijelaskan pelapor. Berdasarkan keterangan rekan korban, korban saat itu sedang memperbaiki baling-baling kapal menggunakan alat selam sederhana dengan sebuah bak.

“Korban sempat terlihat naik ke permukaan dan berusaha menyelam kembali, sekitar 10 menit Ember yang digunakan korban untuk menyelam mengambang. Namun korban tidak kunjung muncul ke permukaan,” jelas Melkianus

Menerima laporan tersebut, Tim Rescue Unit Siaga SAR Samarinda berkoordinasi dengan pelapor yang selanjutnya bergerak menuju LKP.

Selain Tim Rescue Unit Siaga SAR Samarinda, sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian di antaranya Polsek Samarinda Seberang, PT Segara Timber Palaran, keluarga korban, dan warga sekitar. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 97 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!