Wali Kota Bontang Apresiasi Sosialisasi PHBS di Kelurahan Belimbing

Neni : Bertujuan Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

0 136
DETAKKaltim.Com, BONTANG : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sudah harus menjadi gaya hidup di masa seperti ini. Pasalnya, PHBS bukan hanya bisa membantu mencegah berbagai penyakit datang, tapi juga bisa menangkal penyebaran Virus Corona, karena kebiasaan hidup bersih dan sehat.

Oleh karena itu, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mengapresiasi kegiatan Sosialisasi PHBS di Kampung Gotong Royong, RT 49, Kelurahan Belimbing, yang digelar pada hari Rabu (9/9/2020).

Menurut Neni, sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif.  Secara sosial dan ekonomis terdapat empat faktor yang dapat mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat yaitu faktor lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan faktor herediter (keturunan).

Namun dari keempat faktor tersebut, kesehatan lingkungan dari perilaku sehat merupakan faktor yang paling kritikal dalam pembangunan sektor kesehatan, lingkungan yang sehat tidak hanya lingkungan yang indah dipandang mata namun lingkungan yang dapat membuat sejahtera masyarakat.

“Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) adalah program yang bertujuan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya wilayah RT 49 Kelurahan Belimbing,” ujar Neni.

Program ini, sambungnya, dijalankan melalui proses penyadaran tiap-tiap individu untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya wabah pandemi Covid-19 diperlukan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. Tujuan PHBS di rumah tangga merupakan hal yang paling penting dilakukan dalam gerakan ini, karena untuk dapat menerapkan kebersihan dan kesehatan langsung kepada individunya masing-masing, dan dapat di praktekkan secara langsung di tingkat keluarga.

Baca juga : Wali Kota Bontang Buka Pelatihan Public Speaking

Adapun indikator PHBS di keluarga meliputi menjalani persalinan yang dibantu oleh tenaga medis, memberikan ASI eksklusif  kepada anak, menimbang bayi dan balita setiap bulan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan air bersih, menggunakan jamban, memberantas sarang nyamuk, mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas, fisik setiap hari dan tidak merokok.

“Besar harapan Pemerintah Kota Bontang melalui kegiatan ini, kita menjadi semakin sadar akan pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat khususnya di tingkat rumah tangga, sehingga masyarakat bisa meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan kesehatan pribadi serta keluarga, dan meningkatkan upaya pencegahan penyakit melalui kegiatan promotif dan preventif. Semoga kebiasaan baik dan sehat dapat di praktikan dalam kehidupan sehari-hari,” beber Neni.

Di akhir, Neni mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak terkait pelaksanaan kegiatan tersebut. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!