Wakil Ketua Pansus Investigasi Pertambangan Minta Kepolisian Turun Tangan

Udin : Kami Tidak Punya Wewenang

0 121

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Terbalik di jalur poros Samarinda-Tenggarong, sebuah truk bermuatan Batubara beberapa waktu lalu viral di berbagai platform media sosial.

Bersangkutan dengan kejadian itu, Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan Muhammad Udin menuturkan, kasus seperti itu tidak hanya sekali terjadi di Benua Etam. Menurutnya, itu juga membuktikan bahwasanya aktivitas ilegal Tambang Batubara masih sangat bebas berkeliaran.

Terlebih, seperti nampak dalam cuplikan video beredar, truk ini melintasi jalan umum yang tidak akan dilakukan oleh perusahaan Pertambangan dengan dokumen perizinan lengkap.

“Kelihatan nyata kalau yang diangkut itu Batubara ilegal, karena menggunakan jalanan umum. Peristiwa yang seperti ini, tak hanya sekali kami temukan,” beber Udin, Senin (23/1/2023).

Legislator Kaltim itu mengakui, Pansus Investigasi Pertambangan tidak dapat berbuat banyak. Dikarenakan pihaknya tidak memiliki wewenang atas hal tersebut.

Baca Juga :

Oleh karena itu, ia mendorong kepada aparat Kepolisian untuk terus melakukan investigasi. Usut tuntas Pertambangan ilegal ini, hingga ke sumber lokasi dari emas hitam itu berasal. Sembari mengintrogasi supir yang membawa kendaraan.

“Kami tidak punya wewenang untuk mengambil tindakan, maka kami meminta supaya pihak Kepolisian dapat menelusuri sumber lokasinya.” tutup snggota Komisi I DPRD Kaltim tersebut. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!