Wakil Ketua DPRD Kaltim Yakin Takkan Terjadi Degradasi Hutan di IKN

Samsun: IKN Itu Ada Kawasan RDTRnya

0 126

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun meyakini, degradasi hutan tidak akan terjadi dalam kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Keterangan itu disampaikan Samsun usai menjadi narasumber pada kegiatan Talkshow dengan tema Peluang dan Tantangan Petani Kaltim Sambut IKN, dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-7 media DETAKKaltim.Com yang digelar di Ruangan WIEK Diskominfo Kaltim, Sabtu (25/2/2023) siang.

Bukan tanpa landasan, hal itu dikemukakannya. Sebab terdapat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang telah dirampungkan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), kepada Badan Otorita Ibu Kota Negara Nusantara.

Hadirnya RDTR, juga membuat ketentuan pemanfaatan ruang dalam skala yang sangat jelas. Dimana kemudian, dapat dijadikan acuan pemberian izin dalam hal pemanfaatan ruang.

“IKN itu ada kawasan RDTRnya, jadi tidak perlu khawatir. Sudah ada diatur kawasan-kawasan penopang pangan nusantara, dan didisain sedemikian rupa, hingga penetapan Kabupaten/Kota sebagai wilayah penyangga,” jelasnya kepada DETAKKaltim.Com.

Lebih lanjut politisi PDI Perjuangan DPRD Kaltim itu beranggapan, dalam Sektor Pertanian, sangat jarang para petani Benua Etam menebang habis hutan, secara berkesinambungan.

Baca Juga:

Sebab menurutnya, lahan Pertanian saja bahkan masih kurang produktif dimaksimalkan. Oleh karenanya, sektor yang seringkali menebang hutan ini adalah Pertambangan serta Perkebunan.

“Kalau Petani kita jarang yang mau membabat hutan kok, memproduksikan lahan Pertanian aja kurang produktif. Yang membabat hutan itu kan Pertambangan sama Perkebunan,” tutup Samsun.

Pada kegiatan Talkshow yang mengambil sub tema; Menggali Informasi Kesiapan DPTPH, DPKH, dan Disbun Dalam Pemenuhan Kebutuhan Konsumsi di Kaltim Saat IKN Hadir tersebut, hadir juga narasumber dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perekebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!