Wakil Ketua DPRD Kaltim Sentil Anggaran Pertanian Dinilai Kecil

Samsun:  Persoalan Pupuk Juga Hingga Kini Menjadi Momok

0 72

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Menjadi narasumber pada HUT Ke-7 DETAKKaltim.Com menjadi ajang buka-bukaan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun terkait Pertanian, Sabtu (25/2/2023).

Selain persoalan lahan yang banyak mengalami alih fungsi menjadi Pertambangan sehingga berakibat merosotnya jumlah produksi Pertanian Padi Sawah, dari sisi anggaran Samsun juga mengungkapkan hanya 7 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim dialokasikan untuk Sektor Pertanian.

Selain itu, persoalan Pupuk juga hingga kini menjadi momok yang tak kunjung tuntas. Dimana pemberian Pupuk bagi para Petani seringkali hanya diberikan sekali, keberlanjutan hal tersebut dipertanyakan Legislator dari PDI Perjuangan DPRD Kaltim ini.

“Itu masalah akut. Sekali kasi Pupuk selesai, Pupuk dipakai habis, besok mau nanam lagi habis lagi,” terangnya.

Baca Juga:

Seharusnya, lanjut Samsun, Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan subsidi khusus bagi para Petani di Benua Etam.

Sebab sebagai Petani, ia mengakui bahwasanya pembelian Pupuk sangatlah mahal, hingga mencapai Rp1 Juta. Oleh karenanya, subsidi bagi para Petani terus ditekankan Samsun.

“Beli Pupuk itu Rp 1 Juta, Petani mana yang mampu. Jadi harus disubsidi, terutama untuk Sektor Perkebunan. Sedangkan subsidi untuk Perkebunan dicabut, hanya subisidi Pertanian yang jalan, dengan komoditas yang dibatasi,” urainya di hadapan puluhan Mahasiswa dari Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Kemudian, politisi yang bermarkas di Karang Paci itu juga mendorong agar rentetan regulasi Pupuk diawasi dengan ketat. Sebab sangat banyak sekali ditemukan, subsidi Pupuk justru digunakan industri besar.

“Pupuk Subsidi justru dikuasai perusahaan besar. Jadi jangan sampai investor besar masuk dan mengambil jatah. Harus diatur regulasinya untuk Perkebunan kecil.” tutup Samsun. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!