Wakil Ketua DPRD Kaltim Hadiri Festival Kebudayaan

Samsun: Dalang Kaltim Tidak Kalah Hebat

0 139

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim sekaligus Wakil Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kaltim  Muhammad Samsun, menghadiri Festival Dalang Anak Nasional Tahun 2022 di Plaza Taman Fatahilah, tepat di depan Museum Wayang Kota Tua, Jakarta.

Pelaksanaan festival tersebut merupakan agenda yang digelar langsung oleh Pepadi Pusat, dalam rangka menguatkan budaya atau pelestarian Wayang di tingkat anak-anak. Festival ini berlangsung mulai 22-24 September 2022 yang dihadiri masing-masing perwakilan Pepadi Daerah, dari seluruh Indonesia.

“Kaltim mengirim satu wakil Dalang cilik yang berasal dari Penajam Paser Utara bernama Bintang Kondang (12),” ungkap Samsun yang dikonfirmasi melalui Telepon Selulernya, Sabtu (24/9/2022).

Lebih lanjut Samsun mengatakan, kehadirannya adalah bentuk menyemangati Dalang cilik Kaltim untuk tampil dengan performa maksimal.

Baca Juga :

Samsun mengaku Dalang Kaltim tidak kalah hebat dari Dalang nasional, baik anak sampai dewasa. Dalang di Kaltim yang mayoritas etnis Jawa peseni budaya Wayang, sangat diminati dan banyak penggunaannya. Bahkan hampir setiap minggu pasca pandemi Covid-19 ini, selalu ada pementasan Wayang Kulit.

“Hanya memang di Kaltim masih kurang Dalang yang mengorbit, atau Dalang yang berkembang di Kaltim,” tutur Samsun.

Samsun menambahkan, memang ada tokoh Dalang muda di Kaltim seperti di Bontang dan Kutai Kartanegara. Namun hanya beberapa saja, begitu juga di Kota Samarinda yang salah satunya adalah Wahyu Sri Kuncoro.

“Maka dari itu, profesionalitas Dalang di Kaltim perlu diasah dan dikembangkan.” tandas politisi PDI Perjuangan yang berasal dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/LVL

Editor : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!