Ungkap Dugaan IUP Palsu di Kaltim, Samsun Dorong Pembentukan Pansus

Samsun : Rapat Pimpinan Yang Akan Memutuskan

0 184

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, dorongan untuk dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Batubara tengah berjalan hingga saat ini.

Keteragan tersebut disampaikan saat dikonfirmasi awak media terkait persoalan 21 Izin Usaha Pertambangan (IUP) Batubara di Kaltim, yang diduga palsu dan menggunakan tanda tangan Gubernur.

Samsun menegaskan, telah meminta kepada Tenaga Ahli Komisi untuk melakukan pengamatan. Selanjutnya baru akan dibawa ke dalam Rapat Pimpinan.

“Karena Rapat Pimpinan yang akan memutuskan, apakah nantinya akan dibuatkan Pansus atau langsung diserahkan kepada Komisi yang membidangi. Saya sendiri sepakat untuk pembentukan Pansus. Hingga sekarang proses telaah masih berlangsung,” kata Samsun, Kamis (29/9/2022).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, dengan terbentuknya Pansus diharapkan bisa memastikan letak kesalahan dan bagaimana solusi pemecahan masalahnya.

Pembentukan Pansus juga dinilai dapat memfokuskan persoalan, yang bukan hanya sekedar dugaan pemalsuan 21 IUP, tetapi juga tanggung jawab sosial lainnya oleh Perusahaan Pertambangan Batubara.

Baca Juga :

“Tetapi tentu juga ada tanggung jawab sosial perusahaan, jaminan reklamasi dan persoalan tambang secara mendalam karena semua saling berkaitan,” jelas Samsun lugas.

DPRD Kaltim dalam hal ini Komisi 3 dan Komisi 1 sebelumnya telah melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas ESDM dan Dinas DPMPTSP Kaltim, pada 12 Juli 2022 lalu.

Rapat itu membahas masalah 21 IUP yang diduga palsu, jaminan reklamasi hingga persoalan penyaluran dana CSR di Kaltim. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/LVL

Editor  : Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!