Tingkatkan Kapasitas, Dishut Kaltim Gelar Pelatihan Kelompok Tani dan Tenaga Penyuluh

0 108

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Guna meningkatkan kapasitas tenaga penyuluh dan kelompok tani, Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim melalui Seksi Penyuluh akan menggelar kegiatan pelatihan Temu Teknis Kelompok Tani Hutan dan Peningkatan Kapasitas Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM).

Kegiatan yang akan akan diselenggarakan tanggal 14-15 November 2019 tersebut akan dilaksanakan di Balikpapan. Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan itu yakni dari tenaga penyuluh, kelompok tani, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) yang tersebar di wilayah kabupaten/kota seluruh Kaltim.

Seksi Penyuluh Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim melalui salah satu staf penyuluhan Hairul Fahmi mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim melalui bidang penyuluhan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan Kapasitas Penyuluh Swadaya Masyarakat (KPSM) mampu berperan sesuai dengan konsep penyuluhan kehutanan.

“Nanti mereka akan menjadi pendamping petani, untuk berpartisipasi dalam pembangunan kehutanan dan pemberdayaan petani itu sendiri. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini para penyuluh maupun KPH dan KPHP bisa membantu petani dalam melakukan komunikasi bisnis, dan membantu petani dalam pengambilan keputusan di setiap kegiatan usaha masyarakat,” ujar Hairul Fahmi kepada DETAKKaltim. Com, Selasa (12/11/2019).

Lebih lanjut Fahmi mengatakan, selama ini paradigma tentang penyuluhan hanya sebatas menyampaikan materi dan memberitahukan sesuatu, padahal sejatinya penyuluh melakukan pendampingan dalam bentuk partisipasi secara langsung untuk pemberdayaan dan pengambilan keputusan.

“Penyuluh itu, bukan saja menyampaikan materi, namun lebih dari itu. Mereka melakukan pendampingan secara langsung, agar petani tercerahkan dalam mengelola usaha mereka,” jelasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!