Terkendala Modal, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Kunjungi Petani Cabe

Budiono : Modal Diperoleh dari Tengkulak

0 162

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Budiono bersama dengan anggota DPR RI Safaruddin, berkunjung ke Pertanian dan Peternakan yang ada di wilayah RT 13, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, Senin (18/7/2022).

Kunjungan Budiono dan Safaruddin ini untuk melihat secara langsung harga Cabe di pasaran, khususnya di Balikpapan yang mengalami lonjakan harga sangat signifikan.

Budiono mengatakan, dari beberapa kunjungan dan hasil diskusi bersama warga setempat diketahui adanya Kelompok Tani yang mengolah hasil taninya, ternyata bukan lahan miliknya sendiri tetapi pinjam pakai saja.

Kemudian para Petani yang ada saat ini terkendala masalah modal, yang didapat dari para tengkulak baik pembelian pupuk serta bibit pertaniannya. Ditambah dengan pengairannya, mereka menggunakan Sumur Pompa yang sumber airnya tidak mencukupi lahan yang dikelola para Petani.

Hal yang sama dialami dengan Peternak Sapi. Sebagian didapat dari bantuan dari Pemerintah Kota, 1 ekor induk Sapi Betina yang dikembangkan dan digemukkan sehingga menghasilkan Anak Sapi.

Baca Juga :

“Dari Anak Sapi itulah Peternak Sapi bisa menjualnya, ataupun mengembangkannya,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, Pemerintah Kota  dapat memberikan solusi kepada Kelompok Tani agar menginventarisir lahan-lahan yang duduk. Baik milik pemerintah maupun milik warga, agar bisa dikelola dengan baik termasuk dengan pengairannya dapat dibuatkan sumur dalam.

“Dengan permodalan para Petani akan lebih sejahtera tanpa harus bergantung pada tengkulak, sehingga harga yang ada di pasaran dapat berjalan dengan harga normal. Tidak seperti sekarang ini, harga Cabe tembus di angka Rp200 Ribu per kilonya.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!