Tanggung Jawab Menanti, Bupati Kukar Lantik 86 Kepala Desa

Edy : Perlu Kerja Cepat dan Taktis Dalam Membangun Desa         

0 172

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Bupati Kutai Kartanegara Edy Damansyah secara resmi mengambil sumpah jabatan dan melantik 86 Kepala Desa (Kades) terpilih, di Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong, Senin (27/10/2022).

Acara dihadiri Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, Dandim 0609,  dan Kepolisian Resort Kutai Kartanegara.

Pada acara tersebut, Edy Damansyah menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab bagi Kepala Desa terpilih sangat berat, mengingat tahun anggaran 2022 tinggal dua bulan lagi.

“Jadi bagi Kades terpilih saat ini memiliki tanggung jawab untuk menyusun APBDes tahun anggaran 2023,” kata Edy mengingatkan.

Untuk itu , Edy Damansyah meminta kepada Kades terpilih agar kerja cepat dan taktis dalam membangun Desa. Ia berharap agar Kepala Desa terpilih tidak terburu-buru dalam mengevaluasi Perangkat Desa beserta Lembaga Desa, mengingat pengalaman yang sudah ada akan berdampak pada program kerja serta program pembangunan yang berkelanjutan.

Edy menegaskan agar Kepala Desa terpilih segera merevitalisasi Bumdes, agar lebih maju ke depannya. Hal itu untuk meningkatkan PADes.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Edy juga meminta kepada para Camat, agar melakukan pembinaan di wilayahnya masing-masing bagi Kades yang baru terpilih. Hal itu agar terjadi kesinambungan dalam membangun Desa menjadi Desa Idaman ( Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri).

Baca Juga :

Sebelumnya, para Kepala Desa yang dilantik ini telah mengikuti pembekalan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kukar di Hotel Grand Elty Tenggarong mulai tanggal 19-23 Oktober 2022.

Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Kutai Kartanegara Arianto mengatakan, Kegiatan Pembekalan bagi Kepala Desa terpilih untuk mensinkronisasikan visi misi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dengan Pemerintah Desa.

“Kegiatan Pembekalan bagi Kepala Desa terpilih untuk mensinkronisasikan visi misi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan Pemerintah Desa. Apalagi nanti Kepala Desa terpilih setelah dilantik maka tugasnya menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa),” jelas Arianto kala itu.

86 Kepala Desa yang dilantik Bupati Kutai Kartanegara ini, 24 Kades terpilih dari incumbent (petahana) dan 62 Kades terpilih baru. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Nur Alim/Adv.

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!