Songsong Pileg, KPU Kaltim Gelar Sosialisasi Penetapan Partai Politik

0 43

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dalam rangka menyonsong pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2019, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalimantan Timur menggelar kegiatan sosialisasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta pemilihan umum anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota kepada partai politik tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Minggu (1/10/2017).

Menurut Rudiansyah yang akrab disapa Rudi, salah seorang anggota KPUD Kaltim, kegiatan ini diikuti oleh seluruh partai politik peserta pemilu 2014 ditambah partai baru seperti Perindo, Partai Idaman, dan PSI.

“Target utama sosialisasi ini adalah pengurus partai, karena dia adalah stake holder langsung terhadap verifikasi peserta pemilu ini,” jelas Rudi kepada Wartawan DETAKKaltim.Com dan beberapa awak media lainnya.

Pelaksanaan verifikasi ini dilakukan di tingkat nasional, jelas Rudi lebih lanjut, mulai tanggal 1 Oktober hingga 3 Oktober merupakan tahap pengumuman. Sedangkan tahap pendaftaran mulai 3-16 Oktober 2017di pusat.

“Setiap partai politik wajib mengisi dokumen dan aplikasi sistem informasi partai politik atau yang disebut Sipol,” sebut Rudi.

Dijelaskan Rudi, untuk lolos verifikasi di tingkat pusat, sebuah partai politik harus terbentuk di seluruh provinsi. Sedangkan di tingkat provinsi, sebuah partai politik minimal terbentuk di 75 persen Kabupaten/Kota.

Khusus partai baru, akan dilakukan verifikasi administrasi dan faktual pengurusan dan kesekretariatan,” imbuhnya.

Baca juga : Anggota KPU Pusat Hadir di Kaltim, Bicara Pemilu Demokrasi

Hal yang akan menjadi penilaian tersendiri dalam verifikasi tersebut, lanjut Rudi, adalah keterwakilan perempuan dalam kepengurusan minimal 30 persen.

“Ini juga akan menyangkut performa partai politik, karena akan diumumkan di publik,” ujarnya lebih lanjut.

Terkati pencalonan peserta perseorangan atau Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dijelaskan Rudi, akan dilakukan sosialisasi pada kesempatan berikutnya. (LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!