Soal PAD Tiga Desa, Camat Waru : Upaya Kami Sudah Maksimal

0 33

DETAKKaltim.Com, PPU : Suminto, Camat Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, mengatakan ada tiga Desa dalam pembinaan dan pengawasan Kecamatan Waru, yaitu Desa Bangun Mulyo, Desa Sesulu dan Desa Api-Api, namun ia mengaku tidak mengetahui berapa Pendapatan Asli Desa (PAD) ketiga Desa tersebut.

Saat dikonfirmasi DETAKKaltim.Com di ruang kerjanya, dia menjelaskan selama ini Desa-Desa ini tidak pernah menyampaikan berapa nilai yang diperoleh  dari pengelolaan Badan Usaha Milik Desanya masing – masing.

“Sejauh ini kami hanya melakukan pembinaan dan pengawasan sesuai dengan  kewenangan yang ada pada kami, upaya yang kami lakukan selama ini sudah maksimal,” sebutnya, Kamis (26/10/2017).

Menurut Suminto, pihaknya selalu menyarankan ke Desa-Desa agar dalam memilih dan melakukan usaha, harus melihat potensi yang bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Selanjutnya semuanya tergantung  dari sumber daya manusianya yang mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Saipul, Dirut BUMdes Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, menuturkan BUMDes Bangun Mulya berdiri sekitar tahun 2012, selanjutnya ditahun 2016 akhir  baru dikelolanya.

Usaha yang dikelolanya, jelas Saipul, bermacam-macam. Di antaranya Depo Air minum, toko alat tulis dan kelengkapan kantor, penyewaan audio, sound system.

Meski demikian, Saipul mengakui pendapatan BUMDes yang dikelolanya masih sangat minim. Dari beberapa  unit usaha yang dikelolanya  rata-rata per bulan yang masuk ke Pendapatan Asli Desa sekitar Rp1 Juta sampai Rp2 Juta.

“Untuk meningkatkan pendapatan Badan Usaha Milik Desa Bangun Mulya, kami selalu mencari peluang usaha baru. Di antaranya bekerja sama dengan pihak Bank, Perusahaan Air Minum Daerah. Tentunya tahun anggaran 2017 ini,  kami perlu penyertaan modal dari Pemerintahan Desa untuk mengembangkan usaha,” tandasnya. (amran).

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!