Simulasi SAR KPP Balikpapan Libatkan 275 Personil

Pertama Kali Dilaksanakan Dalam Skala Besar

0 194

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Basarnas menggelar simulasi latihan SAR Daerah Tahun 2021 di Pantai Banua Patra Pertamina Balikpapan, Rabu (23/6/2021).

Dari kegiatan Simulasi  SAR KPP Balikpapan ini melibatkan 45 Satuan Unsur Gabungan dari Lembaga Pemerintah, Swasta dan BUMN.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Octavianto menjelaskan, kegiatan simulasi latihan SAR dilengkapi 30 alut SAR darat dan air dengan diperkuat 275 personil penuh dari seluruh lembaga latihan.

BERITA TERKAIT :

“Kegiatan real simulation skala besar ini dilaksanakan pertama kalinya di Indonesia, dengan dasar Undang Undang Nomor 29 Tahun 2014, dikunci dengan Naskah Rapat Koordinasi yang disusun sejak tanggal 15 – 16 Juni kemarin,” kata Octavianto.

Baca juga :

Inti dari kegiatan ini disimulasikan adanya Pesawat Enggang Airline 123 Bertolak dari TRK (Tarakan) Juata menuju bandara Sam’s Balikpapan dengan POB 25 orang, di antaranya 4 kru, sisanya 2 WNA dan 2 WNI. Dilaporkan loss contact di Perairan Teluk Balikpapan tepatnya di Selat Makassar.

Harapan dengan berjalannya kegiatan ini, Okta mengatakan kegiatan ini sudah mencapai target dengan mengumpulkan, mensinergikan seluruh elemen lembaga pemerintah , BUMN, TNI, Polri dan swasta, termasuk relawan dari masyarakat dengan menyatukan visi dan  misinya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!