Tim SAR Hentikan Pencarian Nelayan Samboja

7 Hari Mencari Tayung, Hasil Nihil

0 72

DETAKKaltim.Com, SAMBOJA: Hari Ke-7 atau hari terakhir pencarian terhadap Tayung (54), seorang Nelayan di Samboja, Kutai Kartanegara, Kaltim, diperluas hingga radius 20 Km, Senin (21/3/2024).

Namun hingga pencarian yang dimulai Pukul 07:00 Wita oleh Tim SAR Gabungan ditutup pada Pukul 17:30 Wita, korban yang dilaporkan jatuh dari Kapal Kayu di Perairan Tanjung Sembilang, Samboja, tidak juga ditemukan.

“Tim SAR Gabungan telah melaksanakan pencarian dengan hasil nihil,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Dody Setiawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com.

Lebih lanjut Dody menjelaskan, pelaksanaan Operasi SAR selama 7 hari. Mulai tanggal 12 Maret 2024 sampai 18 Maret 2024, tidak ada tanda-tanda ditemukannya korban Tayung.

“Hasil koordinasi dengan pihak keluarga dan potensi SAR, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup. Unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke Satuannya masing-masing, dilanjutkan kesiapsiagaan,” jelas Dody lebih lanjut.

Baca Juga:

Sebelumnya, Dody menjelaskan, pada pencarian hari ini, Tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian dibagi menjadi 2 Team Search Rescue Unit (SRU):

SRU 1, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian di sekitar LKP (Lokasi Kejadian-red) menggunakan Speed Boat Ditpolairud Polda Kaltim Pos Muara Pegah, Speed Boat Sub Pos TNI AL Muara Pegah, dan Speed Boat Sat Polair Res Kukar.

SRU 2, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dan penyisiran sejauh 20 Km arah Selatan dari LKP menggunakan Rubber Boat Basarnas, Rubber Boat PMI, Polyethylene Boat BPBD Kukar, dan Perahu Warga Tanjung Sembilang.

Sebagaimana disampaikan Dody sebelumnya, kejadian ini dialami Tayung akibat terkejut saat tali gas kapal tiba-tiba diputar oleh anak korban yang menyebabkannya terjatuh ke laut.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian diantaranya Tim Rescuer Pos SAR Samarinda, Ditpolairud Polda Kaltim Pos Muara Pegah, Sub Pos TNI AL Muara Pegah, Kodim 0906-06, Sat Polair Res Kukar, Polsek Samboja, Polsek Muara Jawa, BPBD Kukar, PMI Kecamatan Samboja, Posko Damkar Samboja, SAR Muara Jawa, masyarakat dan keluarga korban. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 65 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!