Sekretaris Komisi 3 DPRD Balikpapan Dorong Pemkot Tangani Jukir Liar

Kamaruddin : Bisa PAD Pemerintah Kota bertambah

0 151

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Banyaknya keluhan masyarakat terkait maraknya juru parkir (Jukir) liar yang hari demi hari semakin meningkat, sehingga lahan di depan pertokoan atau Rukopun dimanfaatkan Jukir liar tersebut untuk mengais penghasilan dari siapa saja yang parkir ditanggapi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan.

Menurut Sekretaris Komisi 3 DPRD Kota Balikpapan Haji Kamaruddin, Jukir liar yang diketahui bersama saat ini adalah sebagian besar binaan dari Pemerintah Kota.

“Mereka masih mencari tambahan di lahan yang lain dengan menjadi juru parkir liar, ya mungkin saja dengan upah yang diterima tidak mencukupi. Sehingga juru parkir memanfaatkan situasinya, dengan mencari ceperan di luar,” kata wakil rakyat dari Partai NasDem itu saat ditemui di DPRD Kota Balikpapan, Kamis (14/7/2022).

Iapun memberikan ilustrasi penghasilan dari Jukir liar, sehari bisa mencapai ratusan ribu dari Rp2 Ribu dan Rp5 Ribu satu kendaraan Roda 2 dan Roda 4.

“Dari setiap kendaraan yang parkir baik lama ataupun sebentar Roda 2 jelas Rp2.000 dan Mobil Rp5.000. Apakah ini mau ditinggalkan oleh si juru parkir, dengan satu harian saja hasilnya ratusan ribu,” ungkap Kamaruddin.

Baca Juga :

Kamaruddin menyampaikan, jika terkait pajak parkir ini masih dipakai sistem yang dulu. Yaitu pajak STNK, menurutnya itu jauh lebih baik.

“Keluhan warga tentu saja tidak bisa diabaikan begitu saja. Misalkan dalam satu hari saja 4 kali berhenti di depan pertokoan, maka berapa rupiah yang harus dikeluarkan. Maka perlu sekali ini dijadikan evaluasi dan diberikan tindakan,” tegas Kamaruddin.

Iapun berharap ada penertiban dari pihak-pihak terkait, sebagai respon dari keluhan masyarakat.

“Kami harap penertiban yang dilakukan oleh dinas terkait lebih kepada penegakan. Jangan hanya angin-anginan saja. Jika dijalankan kan bisa PAD Pemerintah Kota bertambah.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!