Satu Pelaku Didor, Komplotan Pelaku Curanmor Dibekuk Polisi

0 78

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Petugas Kepolisian Unit Reskrim Polsekta Samarinda Kota berhasil mengungkap dan mengamankan spesialis pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang selama ini beraksi di kota Samarinda, masing-masing  pelaku berinisial BA, MA, MR dan AR, keempatnya diamankan pada Senin malam di lokasi yang berbeda-beda.

Satu orang yang merupakan tersangka pelaku utama berinsial BA terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dibagian kakinya, lantaran berusaha kabur saat hendak ditangkap.

Selain mengamankan keempat pelaku, Polisi juga mengamankan 10 unit kendaraan roda dua hasil kejahatan para pelaku.

Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah mengatakan, beberapa bulan terakhir pihaknya banyak menerima laporan masyarakat tentang kasus Curanmor. Dari laporan tersebut Polisi terus melakukan penyelidikan hingga akhirnya membuahkan hasil.

“Beberapa bulan terakhir ini, kami mendapatkan laporan masyarakat yang menjadi korban kejahatan para pelaku, dan alhamdulillah Unit Reskrim dan Intel akhirnya berhasil mengamankan komplotan ini,” Ujar Kapolsek Samarinda Kota Kompol Yuliansyah saat menggelar pers rilis, Rabu (26/2/2020).

Modus yang dilakukan kawanan ini yakni dengan menggunakan kunci T, para pelaku terlebih dahulu mengintai tempat-tempat yang sepi.

“Masing -masing pelaku memiliki peran yang berbeda, ada yang mengintai, ada yang memindahkan motor korban, setelah itu pelaku BA yang akan mengeksekusinya,” jelasnya.

Sementara itu BA mengaku melakukan aksi pencurian itu lantaran terdesak masalah ekonomi, uang hasil curian itu rencananya akan digunakan untuk biaya persalinan istrinya.

“Sebelumnya saya hanya buruh di pelabuhan, tapi sudah berhenti, saya mencuri motor, uangnya nanti saya gunakan untuk biaya istri saya melahirkan,” ujar BA yang sudah memiliki 4 orang anak tersebut.

Akibat perbuatannya, kini keempat pelaku mendekam di tahanan Polsek Samarinda Kota. Mereka disangkakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!