Reses di Kota Bangun Darat, Samsun Dihadapkan Persoalan Pertanian

Keluhan Warga Juga Seputar Sumber Air

0 128

DETAKKaltim.Com, KOTA BANGUN: Muhammad Samsun, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim bersilaturrahmi dan Serap Aspirasi (Reses) Kedua, masa sidang I tahun 2023 di Desa Sumber Sari, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (13/02/2023).

Terkait Reses tersebut, Samsun mengatakan keluhan masyarakat hampir sama dengan daerah lain yaitu terkait produktivitas Pertanian. Mengingat masyarakat di Desa Sumber Sari mayoritas berprofesi sebagai Petani.

“Banyak Petani kita yang mengeluhkan terkait infrastruktur Pertanian, Pupuk, dan juga pembangunan jalan usaha tani, jalan desa, rumah ibadah dan lain sebagainya,” kata Samsun yang berasal dari Daerah Pemilihan Kukar.

Lebih lanjut Samsun menjelaskan, untuk menuntaskan persoalan tersebut, pihaknya di DPRD Kaltim sebelum melakukan koordinasi akan melihat terlebih dahulu apakah kewenangan ada di Pemkab Kukar, atau kewenangan di Pemerintah Provinsi, yang biasanya di bawah Dinas terkait.

“Nanti akan kita upayakan mencari solusi terkait permasalahan-permasalahan yang tengah dihadapi oleh masyarakat, baik melalui APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN,” jelas Samsun.

Mengenai sumber air yang menjadi aspirasi warga setempat, Samsun menuturkan, ini juga penting. Sebab sumber air adalah sumber kehidupan.

“Nanti kita follow up lagi, kita akan lihat lokasinya, apakah benar-benar secara kapasitas mencukupi kebutuhan air di Desa sumber dan sekitarnya. Kalau memang kebutuhan air itu mendesak dan vital agar dibangun, maka pemerintah harus turun untuk membangun,” tegas Samsun.

Baca Juga:

Kades Sumber Sari Kota Bangun Darat yang biasa disapa Iim mengungkapkan, banyak harapan warga  kepada wakil rakyat itu. Apa yang disampaikan dalam reses hanya sebagian saja yang dikeluhkan masyarakat, mengingat waktu malam dan padatnya jadwal dalam melayani rakyat. Namun besar harapan warga untuk bisa dibantu berkembang.

“Ya, tadi disampaikan terkait IKN agar kita dapat membantu dari segi ketahanan pangan. Sekali lagi kita ucapkan ribuan terima kasih kepada beliau. Nanti tinggal kita komunikasikan kembali terkait keluhan masyarakat tadi, untuk diperjuangkan di tingkat Provinsi dan Kabupaten dalam mengawal usulan tersebut,” ujar Iim.

Terkait masalah yang krusial di Desa, Iim menerangkan, sebenarnya banyak masalah krusial di Desa ini seperti jalan usaha tani yang belum digarap. Itu jalannya rusak parah, warga mau keluarkan hasil usaha Pertanian sangat susah, termasuk juga sumber air yang cukup krusial.

“Untuk sumber mata air sebenarnya kalau dikelola dengan baik cukup buat satu Desa. Semoga beliau membantu kita untuk mengkomunikasikan, kewenangannya dimana. Apa yang harus kita siapkan, dan nanti kita akan komunikasi lebih lanjut dengan beliau.” tandas Iim.

Secara keseluruhan, sambutan warga Desa Sumber Sari terhadap legislator Kaltim dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini begitu hangat, ditandai banyaknya aspirasi yang disampaikan. Dalam kegiatan tersebut dihadiri puluhan masyarakat setempat, tokoh pemuda, dan tokoh agama. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL/Adv.DPRD Kaltim

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!