Rayakan Usia 4 Tahun, Relawan ITS Gelar Rapid Test Massal

Joko : Ini Adalah Kegiatan Bakti Sosial ITS

0 116
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Relawan Info Taruna Samarinda (ITS) beserta instansi terkait gabungan Kota Samarinda, menggelar Rapid Test Massal di depan Museum Samarinda, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda, Kamis (1/10/2020) siang.

Dari 130 Warga maupun relawan yang melaksanakan tes cepat ini, 8 warga dinyatakan reaktif, dan harus menjalani tes lanjutan yakni Test Swab agar memastikan kondisi warga.

“Ini adalah kegiatan bakti sosial ITS di tengah masa pandemi, yakni Rapid Test Massal untuk para relawan dan juga warga umum secara gratis, dalam memperingati hari jadi ITS yang Keempat tahun,” jelas Ketua ITS Joko Iswanto.

Meski pelaksanaan ini dilakukan di tengah kota, namun pihak pengurus juga tetap mentaati protokol kesehatan, salah satunya yang datang wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Sebelum menjalani Rapid Test, yang datang wajib cuci tangan, menggunakan masker dan pengecekan suhu tubuh. Kita juga menyiapkan ruang tunggu dengan menjaga jarak, bilik tesnyapun kita siapkan dua tenda yang sebelumnya telah disterilkan dengan penyemprotan disinfektan,” tambah Joko.

Iapun menyemangati agar warga yang memiliki hasil reaktif jangan berpikiran hasilnya nanti akan positif, ia menduga ini hanya kondisi tubuh yang sedang menurun lantaran kebanyakan warga yang datang usai pulang bekerja.

Baca juga : Calon Wakil Bupati Kutim Uce Prasetyo Positif Covid-19

“Saya tahu warga serta Relawan Kota Samarinda adalah orang – orang yang kuat dan tangguh di tengah pandemi ini, hasil reaktif bukan berarti terpapar Virus Corona, bisa saja imunnya lagi menurun. Inilah yang menyebabkan hasil reaktif,” lanjut Joko.

Tujuan dari kegiatan tersebut sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Apabila ditemukan peserta rapid test dengan hasil reaktif, pihaknya dapat segera melakukan penanganan sejak dini. (DK.Com)

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!