Puluhan Kendaraan Roda 10 Tanpa Nopol Beroperasi

0 256

      *** Diduga Belum Bayar Retribusi

DETAKKaltim.Com, PPU : Bila cuaca cerah puluhan Kendaraan Roda 10 tanpa plat Nomor Polisi (Nopol)  yang menggunakan trailler (logging) bermuatan kurang  lebih 40 meter kubik kayu log panjang, melewati kawasan padat penduduk di Kelurahan Sotek Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur.

Menurut warga setempat, hal ini sudah berlangsung lama. Seperti lazimnya kendaraan umum lainnya yang melintas di jalan, seharusnya kendaraan menggunakan plat nomor dan uji kelayakan kendaraan. Namun tidak demikian bagi kendaraan yang melakukan aktivitas muatan kayu produksi kayu log.

Menurut warga Sotek yang tidak mau disebutkan namanya, ada dugaan pemilik kendaraan tidak memenuhi kewajibannya membayar retribusi pajak. Terlihat jelas dengan kasat mata tidak menggunakan plat Nomor Polisi dan uji kelayakan kendaraan.

Seto Handoko Putra Kasat Lantas Polres PPU
Seto Handoko Putra, Kasat Lantas Polres PPU. (foto:Amran)

“Seharusnya perusahaan membayar retribusi pajaknya, karena perusahaan mendapatkan profit dari aktivitas yang mereka lakukan,” ujarnya, Jum’at (7/10/2016).

Apa lagi saat ini, lanjutnya, kondisi keuangan Penajam Paser Utara (PPU) lagi mengalami defisit.

Terpisah, Seto Handoko Putra Kasat Lantas Polres PPU menghimbau kepada perusahaan, juga bagi pengguna jalan agar menjaga keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

“Bukan saja kendaraan produksi yang bermuatan  kayu log panjang, termasuk kendaraan produksi yang bermuatan Sawit harus menggunakan keranjang (safety) untuk menjaga keselamatan pengguna jalan lain,” tandasnya. (Amran)

(Visited 41 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!