Program Kotaku Selambai Diserahterimakan ke Pemkot Bontang

Aji : Diharapkan Juga Dapat Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

0 489
DETAKKaltim.Com, BONTANG : Kampung Selambai yang masuk wilayah Kelurahan Loktuan, kini jauh dari kata kumuh. Pasalnya, melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yakni peningkatan kualitas permukiman kumuh, Kampung Selambai menjadi lebih menawan.

Serah terima pengelolaan atas peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Selambai digelar di Pendopo Rujab Wali kota Bontang, Senin (23/11/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang Aji Erlynawati menghadiri kegiatan serah terima pengelolaan atas peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Selambai Loktuan, antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Timur dengan Pemerintah Kota Bontang.

Dikatakan Sekda Bontang, program Kotaku merupakan gagasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bertujuan untuk menciptakan kota tanpa kumuh. Penanganan permukiman kumuh menjadi tantangan yang relatif kompleks bagi pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah. Karena ketersediaan hunian dengan lingkungan yang layak merupakan hak dasar yang harus dijamin pemenuhannya, oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara.

“Tahun 2019 Pemerintah Kota Bontang mendapatkan anggaran APBN untuk peningkatan kualitas permukiman kumuh di kawasan Selambai Loktuan senilai Rp18.500.000.000,-” terang Aji Erlynawati yang karib disapa Iin.

Anggaran tersebut, kat dia, meliputi pembangunan jalan beton sepanjang kurang lebih 400 meter dengan lebar 4 meter, 3 buah Tambatan Perahu, landmark kawasan, beserta jaringan hidran kering.

Iin berharap dengan berubahnya perwajahan Kampung Selambai, dapat mengentaskan permasalahan kekumuhan di Bontang.

Baca juga : Pembekalan BOP PAUD Ditutup Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Bontang

“Diharapkan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lewat pariwisata, serta semakin mempercepat distribusi pengangkutan tangkapan nelayan di Loktuan,” harapnya.

Masyarakatpun, sambung Iin, diminta bisa menjaga dan memelihara fasilitas yang sudah terbangun agar tetap berdayaguna sesuai peruntukannya.

Hadir dalam kegiatan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Prasarana Permukiman Provinsi Kalimantan Timur Aji Nusanto. Usai serah terima di Pendopo Rujab Walikota Bontang, dilanjutkan peninjauan ke Kampung Selambai Loktuan. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 46 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!