Sekda Bontang Diharap Ketua DPRD Monitor Serapan Anggaran OPD

Serapan Anggaran OPD Bontang Dinilai Rendah

0 81

DETAKKaltim.Com, BONTANG: Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bontang mendapat sorotan dari Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam.

Sorotan tersebut dilakukan usai adanya evaluasi dari Tim Badan Anggaran (Banggar), yang melibatkan anggota Komisi DPRD serta seluruh OPD Pemkot Bontang.

Dari pertemuan tersebut, diketahui hingga awal Oktober banyak OPD yang belum memaksimalkan serapan anggaran. Lantaran beberapa program belum terlaksana, dan kontrak pengerjaan fisik belum rampung digarap. Presentasenyapun belum mencapai 70 persen.

Misalnya, perbaikan infrastruktur ringan seperti rehab sekolah, rehabilitasi eks gedung MTQ Parikesit, pembangunan rumah Kesultanan Kutai, perbaikan drainase, pemenuhan alat kesehatan, motor operasional RT, pengadaan mobil pemadam kebakaran, truk dan motor pengangkut sampah.

Sebagaimana diketahui, di APBD Perubahan tahun ini, Pemerintah Kota Bontang juga DPRD mengesahkan anggaran sebesar Rp2,5 Trilyun.

“Jangan hanya minta anggaran yang besar tetapi enggak bisa menyerap anggaran. Yang ada nanti malah Silpa. Sehingga tahun depan menyebabkan APBD Bontang menurun,” ucapnya tegas, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga:

Kendati serapan anggaran di OPD belum maksimal, Andi Faiz meminta Sekretaris Daerah Bontang yakni Aji Erinawati memberikan pengawasan yang ketat terhadap semua instansi. Sehingga pada Desember mendatang seluruh program terlaksana dengan baik.

“Saya berharap Bu Sekda bisa memonitoring seluruh program di tiap OPD. Menjelang akhir tahun, tentu sudah kelihatan mana OPD yang serapan anggarannya rendah. Sehingga bisa dikebut.” tandas Andi Faizal. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Bontang)

Penulis: Lb

Editor: Lukman

(Visited 73 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!