Pilwali Balikpapan, KPU Tunggu Surat RSUD Kanujoso

Mega : Rumah Sakit Yang Sudah Ditunjuk

0 76
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan sudah melaksanakan beberapa persiapan untuk pelaksanaan Pilkada dalam pemilihan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Mega Fariany Ferry menyampaikan, bahwa di 28 Agustus sampai 3 September KPU akan menyampaikan pengumuman pendaftaran pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Untuk pelaksanaan pendaftarannya akan dibuka 4 September sampai dengan 6 September 2020. Terkait dengan pencalonan ini sudah melaksanakan beberapa kegiatan, seperti persiapan dan koordinasi terkait dengan syarat-syarat pencalonan maupun syarat calon,” kata Mega, Jum’at (21/8/2020).

Syarat pencalonan di antaranya sudah dibuat melalui SK penetapan syarat pencalonan, untuk partai politik sendiri diusung 20 persen jumlah kursi DPRD yang ada di Balikpapan atau 25% dari jumlah suara yang sah dari partai politik yang ada kursinya di DPRD.

“KPU sudah berkoordinasi dengan 3 stakeholder terkait pemeriksaan kesehatan, dimana ini sudah dilakukan pada waktu itu di Bluesky. Sekarang ini KPU menunggu pernyataan kesediaan secara tertulis dari rumah sakit yang sudah ditunjuk untuk dilaksanakannya sebagai tempat pemeriksaan kesehatan, dan sudah juga berkoordinasi dengan Direktur Rumah Sakit Kanujoso,” jelas Mega.

Baca juga : KPU Balikpapan Butuh Rp7 Miliar Untuk Protokol Covid-19

Lebih lanjut Mega menjelaskan, jika seandainya surat pernyataan kesediaan tersebut disetujui maka penunjukan rumah sakit tersebut akan diSKkan dalam penetapan KPU, yaitu ditetapkan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan.

Pilkada 2020 digelar di 270 wilayah, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota termasuk Kota Balikpapan. Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, hari pencoblosan diundur hingga 9 Desember 2020. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!