Pilkada Samarinda, 3 Paslon Dapatkan Nomor Urut

Barkati - Darlis 1, Andi – Rusmadi 2, Zairin - Sarwono 3

0 440
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menetapkan nomor urut pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda melalui rapat pleno yang digelar di Hotel Harris Samarinda, Kamis (24/9/2020).

Masing-masing Paslon telah mendapatkan nomor urut, Muhammad Barkati-Darlis mendapatkan nomor urut 1, Andi Harun-Rusmadi mendapatkan nomor urut 2, sedangkan pasangan Zairin Zain-Sarwono mendapatkan nomor urut 3.

Pada rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda periode 2020-2025 ini, KPU Samarinda menjalankan protokol kesehatan secara ketat, hanya pasangan calon dan beberapa perwakilan yang bisa masuk ke ruangan acara.

Hal itu dilakukan sesuai peraturan KPU Nomor 13 tahun 2020 untuk membatasi tamu undangan yang hadir. Meski begitu masyarakat Samarinda tetap bisa menyaksikan proses pengundian, karena disiarkan secara virtual dan lewat chanel you tube dan Facebook KPU Samarinda.

“Pada rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat, apalagi kasus Covid-19 di Samarinda belum ada penurunan. Kami mohon maaf kami membatasi jumlah orang yang hadir, tapi acara ini tetap bisa disaksikan secara virtual dan bisa di akses lewat Facebook dan you tube,” ujar Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat yang disiarkan secara virtual.

Lebih lanjut Firman menambahkan, selain membatasi undangan yang hadir, sejumlah tamu penting seperti Wali Kota Samarinda, Polresta Samarinda, dan Dandim tidak bisa menghadiri langsung rapat pleno terbuka tersebut.

“Kami terpaksa membatalkan undangan untuk Wali Kota, Kapolresta Samarinda, dan Dandim, karena aturan KPU RI harus kami jalankan,” jelasnya.

Berita terkait : KPU Samarinda Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP

Usai pengundian, KPU langsung membacakan surat keputusan dan selanjutnya langsung ditandatangani melalui Berita Acara oleh masing-masing pasangan calon.

Sementara masing-masing pasangan calon mengatakan komitmennya untuk mendukung Pilkada damai di Kota Samarinda, dengan tetap taat pada aturan Perundang-Undangan yang berlaku. (DK.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!