Persiapan Audit BPK, BPKAD : OPD Harus Kooperatif

0 52
Drs.H.Amiluddin,M.Si

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Audit Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) masih akan dilakukan pada Bulan Maret mendatang. Tahapannya, sudah merupakan audit terinci setelah dilakukan audit awal belum lama ini. Sampai pada jadwal audit terinci, saat ini proses menjawab “temuan” dilakukan hingga 16 Maret 2020.

“Kami sedang menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan BPK usai audit awal beberapa waktu lalu,” jelas Kepala BPKAD Bontang Amiluddin saat ditemui di Kantornya, Selasa (25/2/2020).

Menurutnya, temuan biasa terjadi ketika ada kesalahan administrasi. Oleh karena itu, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus menjawabnya, agar temuan itu bisa diperbaiki.

“Kami juga targetnya akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangan daerah pada 13 Maret 2020, untuk laporan tahun 2019,” ujarnya.

Jika laporan tersebut telah diserahkan, maka laporan itu menjadi dasar BPK untuk melakukan pemeriksaan terinci.

“Kami sudah siap, Insya Allah,” imbuhnya.

Amiluddin pun mengimbau kepada seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bontang untuk kooperatif dan dapat menjawab temuan BPK. Jika memang berpotensi untuk melakukan pengembalian, maka konsultasikan ke bagian Inspektorat Daerah.

“Harapannya semoga tak ada pengembalian materil, kalaupun ada paling hanya permasalahan administrasi saja dan nilainya kecil. Insya Allah tak ada pengembalian yang besar,” tutupnya. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!