Peringatan Ke-76 Peristiwa Merah Putih Dihadiri Wakil Ketua DPRD Kaltim

Samsun : Mengenang Jasa Para Pahlawan

0 142

DETAKKaltim.Com, SANGA-SANGA : Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun menghadiri peringatan peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga, yang digelar di Lapanga Bola Pertamina Hulu Energi Indonesia Zona 9 Sanga-Sanga, Jum’at (27/1/2023).

“Hari ini kita mengikuti upacara peringatan peristiwa merah putih Sanga-Sanga, yang sudah setiap tahun kita laksanakan. Ini dalam rangka untuk mengenang jasa para pahlawan,” kata Samsun.

Politisi PDI Perjuangan ini berharap Sanga-Sanga ke depan betul-betul bisa menunjukkan, bahwa Sanga-Sanga adalah Kota Juang yang bukan hanya sekedar melaksanakan peringatan rutinitas seperti yang telah berlangsung, melainkan ditunjukkan dengan momentum atau ikon tertentu.

“Artinya, mesti ada ikon tertentu yang harus dibangun seperti Patung Pahlawan, atau ikon yang bisa betul-betul mengenang bahwa Sanga-Sanga ini Kota Juang,” jelas Samsun yang berasal dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara.

Iapun berharap, Pemerintah Provinsi Kaltim mengagendakan kegiatan yang menunjukkan jika Sanga-Sanga adalah Kota Juang.

“Tentunya Pemerintah Provinsi Kaltim harus mengagendakan event, atau kegiatan yang mendukung bahwa Sanga-Sanga sebagai Kota Juang,” imbuh Samsun.

Baca Juga :

Peringatan Peristiwa Merah Putih Sanga-Sanga berawal ketika Tentara Belanda (NICA) pada tahun 1945 menguasai Sanga-Sanga yang kaya umber minyak.

Hal tersebut membuat rakyat Sanga-Sanga bersikeras mengusir Belanda, dengan melakukan perlawanan tiada hentinya. Hingga pejuang Sanga-Sanga mengadakan rapat, dan tercetuslah rencana merebut gudang senjata Belanda dengan cara mengalihkan perhatian penjajah kepada berbagai keramaian kesenian daerah pada 26 Januari 1947.

Di tengah keramaian itu, para pejuang membagikan senjata dan amunisi untuk merebut kekuasaan pada Pukul 03:00  Wita dinihari 26 Januari 1947. Perjuanganpun berhasil. Sehingga pada Pukul 09:00 Wita Kota Sanga-Sanga berhasil dikuasai pejuang, ditandai dengan diturunkannya Bendera Belanda di Sanga-Sanga Muara oleh La Hasan.

Peristiwa tersebut diperingati sebagai peristiwa Perjuangan Merah Putih Sangasanga 27 Januari, dimana tahun 2023 ini momen tersebut telah genap berusia 76 tahun.

Peristiwa Merah Putih kembali diperingati, setelah 2 tahun lebih dilanda pandemi Covid-19. Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, bertindak sebegai Inspektur Upacara pada peringatan hari bersejarah itu kali ini. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL/Adv.DPRD Kaltim

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!