Pasien Covid 19 Meninggal, Dinkes Samarinda Minta Warga Tunda Keluar Daerah

0 62

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam konferensi pers via Zoom Meeting bersama sejumlah awak media menyampaikan, hari ini seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal dunia.

“Perempuan usia 13 tahun, Pasien Dalam Pengawasan meninggal Jam 12:55 (00:55 Wita-red),” kata Dokter Osa Ratshodia dalam keterangannya, Selasa (28/4/2020) Pukul 13:30 Wita.

Menurut Doker Nana dari Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) Samarinda, pasien tersebut masuk RSUD AWS sejak Minggu (26/4/2020) dengan keluhan sesak nafas. Sebelumnya, pasien diketahui mengalami gagal ginjal dan penyakit pemberat (komorbid) lainnya. Hasil rapid tesnyapun diketahui reaktif.

Kepala Dinas Kesehatan Samarinda Doker Ismed Kosasih menjelaskan, korban telah dimakamkan di Pemakaman Raudatul Jannah secara protokol Covid 19 oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda hari ini.

Kronologis korban mengidap Covid 19 diketahui bersumber dari orang tuanya yang memiliki hasil rapid test reaktif setelah melakukan perjalanan keluar daerah ke Kalimantan Selatan dan beberapa daerah di Kaltim, dan kini tengah menjalani karantina.

Direktur RSUD AWS Dokter David Hariadi Masjhoer dalam kesempatan itu menyampaikan untuk mencegah penyebaran Covid 19, ia berharap masyarakat jujur dan betul-betul mematuhi social distancing dan Physical distancing sebagaimana himbauan pemerintah.

“Saat ini memasuki masa puncak Covid,” katanya.

Terkait kondisi sejumlah PDP yang dinyatakan positif di Samarinda saat ini sebanyak 14 pasien, disebutkannya secara umum dalam kondisi baik, belum ada yang memakai ventilator.

Sebelumnya, Dokter Osa juga menyampaikan agar masyarakat Samarinda untuk menunda dulu keberangkatan keluar daerah, meski itu hanya di sekitar Samarinda seperti Bontang, dan Kutai Kartanegara, karena berpotensi terjadi transmisi lokal meksipun saat ini belum ada yang terjadi.

Konfrensi pers via aplikasi Zoom Meeting pertama kali dilaksanakan Diskominfo Samarinda terkait Covid 19, dipandu Idfi dari Kominfo Kota Samarinda. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!