Menjemput Yang Tertinggal, Grand Final Pemilihan Duta Budaya Kutim

Kasmidi: Saatnya Anak Muda Lestarikan Budaya

0 184

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Pemerintah Daerah Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Kebudayaan menggelar perhelatan Grand Final Pemilihan Duta Budaya Kutai Timur tahun 2022, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kutim, Selasa (5/7/2022) malam.

Didampingi isteri Tirah Satriani yang juga Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kutim, Wakil Bupati (Wabup) Kasmidi Bulang membuka perhelatan pemilihan Duta Budaya terebut secara resmi.

Grand final tersebut merupakan puncak dari seluruh rangkaian pelaksanaan pemilihan Duta Budaya Kutim tahun 2022, yang sudah dimulai sejak seminggu yang lalu melalui berbagai tahapan. Mulai seleksi administrasi, babak penyisihan, hingga pembekalan finalisasi.

Dalam sambutannya, ketua panitia yang juga menjabat Kepala Bidang Kesenian Tradisi dan Perfilman Hendra Ekayana menyebutkan, pemilihan Duta Budaya tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah terhadap pelestarian seni budaya tradisional, sehingga tetap eksis dan dicintai di kalangan generasi muda.

Baca Juga :

“Pemilihan Duta Budaya ini merupakan bagian dari ikhtiar kita untuk menjaga kelestarian budaya tradisional, sehingga tetap ada dan dicintai. Kenapa anak muda? karena anak mudalah yang akan meneruskannya,” ujarnya.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang mengungkapkan, bahwasanya seni budaya tradisional diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Namun demikian, dewasa ini seni budaya tersebut sudah mulai memudar karena generasi muda sudah mulai melupakannya.

“Melalui pemilihan Duta Budaya ini, kita bisa menjemput kembali segala yang tertinggal. Dan semoga dengan adanya pemilihan Duta Budaya ini, dapat memberikan kesempatan kepada anak muda kita untuk mewakili Kutim di tingkat yang lebih tinggi lagi,” harapnya.

Meskipun waktu pelaksanaan sempat mengalami penundaan akibat padamnya listrik yang terjadi hampir se-Kaltim, termasuk Kutim. Namun acara perhelatan Duta Budaya tahun 2022 ini, tetap berlangsung meriah. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

(Visited 17 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!