Menanti KM Sabuk Nusantara 111 Layani Trayek Bontang-Mamuju

Sudah 7 Bulan Lebih Pasca Kunjungan Delegasi DPRD Bontang ke Dishub Kaltim

0 205

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Harapan masyarakat Bontang dan Mamuju untuk mendapatkan akses transportasi Laut antar kedua daerah tersebut, melalui Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 (R12) hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda menggembirakan.

Pasca kunjungan Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bontang, yang dipimpin Ketua DPRD Kota Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam ke Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, Jum’at (4/2/2022), hingga kini belum ada informasi lebih lanjut terkait perkembangannya.

Kunjungan itu dalam rangka melakukan koordinasi terkait usulan Lintasan Trayek Pelayaran Bontang-Sulbar, dan Optimalisasi Terminal Darat Kota Bontang.

Dalam kunjungan itu, para wakil rakyat Kota Bontang itu disambut baik jajaran Dishub Kaltim yang diterima Kepala Bidang Pelayaran Ahmad Maslihuddin mewakili Kadishub, didampingi Kepala Bidang LLAJ Andik Wahyudi, dan Kepala UPTD Terminal Yuki Subekti, beserta beberapa pejabat/pegawai Dishub Kaltim di ruang rapat Kantor Dishub Provinsi Kaltim.

Melalui Komisi 3 DPRD Kota Bontang, aspirasi masyarakat Kota Taman yang disampaikan untuk Pelayanan Kapal dengan trayek Bontang-Mamuju melalui Kapal Perintis Sabuk Nusantara, disebutkan pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perhubungan sangat mendukung.

BERITA TERKAIT :

Dishub Kaltim akan segera menindaklanjuti ke Kementerian Perhubungan melalui Surat Rekomendasi Gubernur, untuk pengajuan lintasan Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 (R12) agar melewati Pelabuhan Bontang ke Mamuju dan/atau pengajuaan trayek baru KM Sabuk Nusantara trayek Bontang-Mamuju.

Namun dukungan itu disebutkan selama persyaratan terkait feasibility study (studi kelayakan) terhadap usulan tersebut dapat dipenuhi, sebagaimana Peraturan Perundang-Undangan.

Rabu (20/4/2022), hampir 2 bulan pasca kunjungan tersebut, Kepala Dishub Kaltim AFF Sembiring yang masih menjabat saat itu ketika dikonfirmasi terkait Lintasan Trayek Pelayaran Bontang-Sulawesi Barat tersebut mengatakan masih dalam penjajakan.

“Masih dalam penjajakan baik dari Dishub Bontang dan Provinsi Kaltim. Kita akan terus upayakan agar bisa segera direalisasikan oleh Kemenhub. Prosesnya masih terus berjalan,” terang AFF Sembiring melalui pesan WhatsApp.

Lebih 7 bulan sejak kunjungan delegasi Kota Taman Bontag itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kalimantan Timur Yudha Pranoto yang menggantikan AFF Sembiring, saat dikonfirmasi terkait hal itu belum memberikan jawaban. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 53 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!