Malinau Selenggarakan Bulan Bhakti RT Bersih, Terima Penghargaan MURI

1 96

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Bupati Malinau Dr Yansen TP berterima kasih atas kehadiran Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara dalam acara Bulan Bhakti RT Bersih dan Lauching Program Beras Daerah (Rasda).

Menurutnya, kehadiran orang nomor satu dan dua di Kaltara tersebut sebagai wujud perhatian dan kepedulian terhadap sarana kepentingan daerah.

Lebih lanjut disampaikan, penyelenggaraan pembangunan Kabupaten Malinau didasari semangat model Program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) yaitu, percaya kepada Pemerintahan Desa untuk meyelenggarakan kepentingan rakyatnya dengan motto dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Implementasi model Gerdema telah dijalankan dengan penuh optimis.

“Selama 5  tahun kita jalankan dan telah menunjukkan hasil yang menggembirakan, pada kesempatan ini saya melaporkan bahwa Pemerintah Desa menjalankan Gerdema, dan Desa telah mampu melakukan tugas wajib yaitu, menyusun LPJMDes, menyusun RKPDes menyusun APBDes melaksanakan APBDes menyusun dan menyampaikan LPKJ Desanya,” papar Yansen dalam sambutannya, Kamis (14/7/2016).

60 persen Desa di Malinau telah menjalankan aplikasi Simdes, mengimput data APBDes secara on line dan 40 persen melakukan aplikasi APBDesnya secara manual karena keterbatasaan aplikasi internet di beberapa daerah perbatasan dan pedalaman. Dari bentuk pelayanan, penilaiannya telah berjalan dengan baik di semua pemerintah desa, sebagai mana layaknya sebuah pemerintahan.

“Pemilihan Ketua RT serentak di seluruh Kabupaten Malinau mencerminkan kedewasaan dan profesionalisme di seluruh Desa dan RT. Dan tadi kita menyaksikan penghargaan MURI sebagai bentuk pelaksanaan pemilihan Ketua RT serentak,” jelas Yansen.

Menurutnya, tercapainya komitmen ini tidak terlepas dari semua pihak untuk berpartisipasi terutama dari SKPD dan Satgas Gerdema dalam melakukan pendampingan dan tugas serta kesiapan Pemeritahan Desa dan masyarakat menerima dan menjalankan Program Gerdema.

Pemerintah Daerah dan masyarakat yakin dengan optimisme yang tinggi, mampu melaksanakan dan menjalankan program yang memiliki tingkatan utama dan 3 program unggulan yakni RT bersih, Rasda dan wajib belajar 16 tahun. (fen)

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!