Longsor di Ponorogo, 11 Orang Masih Tertimbun

0 59

DETAKKaltim.Com, PONOROGO : Hujan yang berlangsung pada Jumat (31/3/2017) malam memicu longsor di Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu (1/4/2016) Pukul 06:00 Wib.

Demikian disampaikan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB melalui rilis Persnya yang diterima redaksi DETAKKaltim.Com, Sabtu (1/4/2017) Pukul 13:57 Wita.

“Longsor menimbun rumah dan masyarakat yang sedang memanen Jahe di bagian bawah lereng perbukitan,” jelas Sutopo.

Salah satu rumah yang terdampak longsor. (foto:BNPB)

Berdasarkan laporan sementara dari BPBD Kabupaten Ponorogo, sebut Sutopo, diperkirakan 11 orang masih tertimbun longsor. Belum dapat dipastikan berapa jumlah keseluruhan korban yang tertimbun longsor di dalam rumah dan bekerja memanen Jahe saat longsor berlangsung.

BPBD Ponorogo bersama TNI, Polri, relawan dan masyarakat masih melakukan evakuasi. Terdapat korban yang berhasil lari saat kejadian. Menurut laporan Kepala Desa Banaran, saat kejadian berlangsung cepat. Korban di kebun sempat lari namun terkepung material longsoran kemudian tertimbun longsor.

Rumah yang terdampak sekitar 25-30 unit rumah. Alat berat diperlukan untuk evakuasi korban yang tertimbun longsor. Akses menuju lokasi cukup sulit dilalui karena jalan kecil. Masyarakat berduyun-duyun menonton longsor sehingga jalan macet dan kendaraan terhambat. Komunikasi dengan HP dan radio komunikasi juga tidak lancar.

Sebelumnya sudah ada tanda-tanda longsor. BPBD telah memperingatkan warga akan bahaya longsor. Saat malam hari warga mengungsi sementara. Namun saat warga kembali ke rumah pada pagi hari untuk bekerja, longsor menerjang saat tidak ada hujan. Posko juga sudah didirikan di Desa Banaran.

“Posko BNPB terus melakukan berkoordinasi dengan BPBD. Tim Reaksi Cepat BNPB dalam perjalanan menuju lokasi. BPBD Provinsi Jawa Timur juga melakukan perkuatan dan mengirimkan bantuan kepada  BPBD Ponorogo,” tandas Sutopo. (LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!