Liga Inggris: Liverpool Kalah 0-2 di Markas Burnley

0 66

DETAKKaltim.Com, BURNLEY : Liverpool tunduk dua gol tanpa balas, 0-2, ketika bertamu ke markas Burnley. Kedua gol tuan rumah lahir di babak pertama.

Di Turf Moor, Sabtu (20/8/2016) malam WIB, Burnley sudah memimpin ketika pertandingan baru berjalan dua menit lewat gol dari Sam Vokes.

Setelah itu Liverpool terus menguasai bola dan menekan pertahanan lawan. Tapi sebuah serangan balik Burnley membuahkan gol kedua di menit ke-37, lewat Andre Gray.

Dalam catatan premierleague.com, Liverpool sebenarnya mendominasi penguasaan bola 80,6%-19,4% atas Burnley. Liverpool juga melepaskan 26 tembakan, yang lima di antaranya on target, sedangkan Burnley punya dua tembakan tepat sasaran dari total tiga sepakan.

Hasil tersebut membuat Burnley kini mengoleksi 3 poin dari dua laga Premier League, setelah di partai pertama lalu kalah 0-1 saat menjamu Swansea City. Liverpool pun sekarang memiliki 3 poin dari dua laga, berkat kemenangan 4-3 di markas Arsenal pada pekan pembuka.

Jalannya Pertandingan

Burnley mengawali pertandingan dengan menjanjikan. Baru dua menit, tuan rumah sudah memimpin lewat gol Sam Vokes. Setelah menerima bola dari Andre Gray, Vokes melepaskan tembakan keras dari tepi kotak penalti. Bola meluncur deras tanpa bisa dihalau oleh Simon Mignolet.

Enam menit kemudian Burnley menekan lagi lewat kombinasi satu-dua Gray dan Vokes. Tapi kali ini Ragnar Klavan berhasil mengintervensi dan menjauhkan ancaman.

Di menit ke-9, Philippe Coutinho melepaskan tembakan dari luar kotak penalti meski arah bola masih melambung jauh dari target. Sebelum itu ada pula sepakan Adam Lallana dari posisi nyaris mirip yang diblok pemain lawan.

Memasuki menit ke-14, kiriman bola James Milner di kiri berhasil dikuasai Coutinho yang kemudian mengirim umpan akurat ke arah Lallana yang melakukan penetrasi ke kotak penalti. Tapi umpan Lallana ke depan gawang masih bisa dihalau pemain Burnley.

[Action Images via Reuters / Lee Smith]
[Action Images via Reuters / Lee Smith]

Di menit ke-23 Lallana menerima bola di kotak penalti saat membelakangi gawang. Ia kemudian membalikkan badan dan menyepak si kulit bundar yang arahnya masih tepat ke kiper Tom Heaton.

Liverpool terus menekan dan peluang berikutnya lahir di menit ke-29. Di sisi kanan Nathaniel Clyne mengoper ke Daniel Sturridge yang posisinya lebih ke tengah. Dari luar kotak Sturridge melepaskan tembakan, dengan bola masih tipis melebar dari bidang sasaran.

Dalam situasi mengendalikan permainan, Liverpool justru kebobolan gol kedua. Diawali serangan balik Burnley, penetrasi Steven Defour gagal dibending Klavan di tengah. Bola lalu dioper ke Gray, yang lantas menjaga bola dari ancaman dua pemain lawan, sebelum melepaskan tembakan untuk mengirim si kulit bundar ke dalam gawang Liverpool di menit ke-37.

Dua menit sebelum turun minum hadir kemelut di depan gawang Burnley, menyusul operan dari Coutinho kepada Sturridge. Tapi kombinasi Michael Keane dan Ben Mee mampu membuat tuan rumah mengatasi situasi tersebut dan menangkal ancaman Liverpool.

Liverpool langsung berusaha menekan sedari menit awal babak kedua. Tapi usaha Sturridge melepaskan tembakan di sisi kiri dari arah gawang semenit memasuki babak kedua masih sedikit melebar.

Masih terus melanjutkan tekanan, peluang Liverpool berikutnya hadir di menit ke-58 menyusul sebuah sepak pojok. Bola dikuasai Coutinho yang kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti meski lagi-lagi arahnya masih belum tepat sasaran.

Satu lagi percobaan tembakan yang gagal dan belum menemui sasaran dari Coutinho, terjadi di menit ke-71. Liverpool masih ketinggalan dua gol tanpa balas.

Marko Grujic yang baru masuk menggantikan Lallana langsung menguji Heaton di menit ke-78. Bola sepakannya memaksa Heaton menepis si kulit bundar ke atas mistar gawangnya.

Susunan pemain

Burnley: Heaton; Lowton, Keane, Mee, Ward, Arfield, Defour (Gudmunds­son 56′), Marney, Boyd, Gray (O’Neill 93′), Vokes (Jutkiewicz 82′)

Liverpool: Mignolet; Clyne, Lovren, Klavan, Milner (Moreno 77′), Henderson, Wijnaldum, Lallana (Grujic 77′), Firmino, Coutinho, Sturridge (Origi 65′) (Sumber : detiksport.com)

 

(Visited 20 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!