Legislator Kaltim Usul Pekarangan Disulap Jadi Kebun Atasi Stunting

Nanda: Mereka Menanam Sayur dan Buah

0 134

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Masa depan Benua Etam sangat tergantung kepada kualitas dari pada generasi muda. Lantas apabila sejak dini, stunting telah merenggut hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Tantangan itu dijawab oleh anggota Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ananda Emira Moeis. Ia mengungkapkan SDM berkualitas, perlu ditata yang dimulai dari saat ini.

“Stunting ini menyangkut kualitas anak-anak generasi penerus bangsa, masa depan Kaltim dan Indonesia ada di tangan mereka. Tentu, ini juga menyangkut Indonesia Emas yang harus mempunyai SDM berkualitas bagus, harus dimulai dan ditata dari sekarang,” paparnya.

Guna mengatasi secara tuntas persoalan stunting, Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaltim itu melanjutkan, pemerintah perlu mencetuskan program bagi masyarakat dengan cara memanfaatkan pekarangan atau halaman rumah.

“Program itu berupa untuk menanam berbagai macam sayur-sayuran dan buah-buahan,” jelas Nanda, sapaan akrabnya, Minggu (26/3/2023).

Baca Juga:

Selain mengatasi stunting, program itu dapat memberdayakan keluarga, khususnya ibu rumah tangga yang kemudian mampu memanfaatkan lingkungan sekitar dengan maksimal.

“Saya suka ketika di satu RT itu, ada ibu-ibu yang masuk sebagai kelompok wanita tani. Di pekarangan atau halaman rumahnya itu, mereka menanam sayur dan buah. Setiap saya tanya apakah ini dijual, mereka jawabnya enggak. Justru ini sarana perbaikan gizi bagi anak-anak kita,” urainya.

Peluang pemanfaatan itu, sambung dia, tak dapat dipungkiri mampu menjadi sarana perbaikin gizi dalam keluarga. Termasuk juga di dalamnya sarana peningkatan ekonomi, apa bila sayur-sayuran dan buah-buahan tersebut diperjualbelikan.

“Untuk meningkatkan pemasukan mereka. Mereka ini contoh masyarakat yang kreatif. Makanya stunting ini harus jadi atensi banyak orang. Nggak bisa hanya pemerintah, jadi saya nggak ngomongin besarnya. Saya ngomongin gotong royong semua pihak.” tutup Nanda. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 17 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!