Legislator Kaltim Tekankan Pentingnya Bahasa Daerah di Benua Etam

Samsun: Harus Dijunjung Tinggi

0 149

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun tekankan pentingnya penggunaan bahasa daerah di Benua Etam, sebutan untuk Kaltim.

Hal itu dipandang Samsun penting, sebab kearifan lokal, termasuk penggunaan bahasa daerah di Kalimantan perlu untuk dijunjung tinggi, sebagai bangsa yang majemuk.

“Banyak di daerah kita guru-guru yang bisa untuk mengajarkan pendidikan itu, tapi karena tidak ada dasar untuk mengajarkan sehingga tidak diajarkan di sekolah-sekolah. Padahal ya sebagai bangsa majemuk kita juga menjunjung tinggi ke arifan lokal, bahasa di Kalimantan juga harus dijunjung tinggi,” urainya kepada DETAKKaltim.Com, Jum’at (10/2/2023).

Justru, sambung anggota DPRD Kaltim dari PDI Perjuangan itu, berbagai macam keberagaman Bangsa Indonesia harus terus dipertahankan.

“Justru dari berbagai macam keberagaman Bangsa Indonesia itulah yang harus kita pertahankan, supaya menjadi kuat, jadi satu kesatuan Indonesia tanpa mengurangi peran penting Bahasa Indonesia,” bebernya.

Baca Juga:

Walaupun bahasa formal adalah Bahasa Indonesia, pelestarian bahasa daerah menurutnya juga tak kalah penting diterapkan kepada generasi muda bangsa.

“Bahasa formal kita sudah ditetapkan, yaitu Bahasa Indonesia. Tapi tetap untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, kita harus menanamkan peserta didik kita bahasa lokal.” tandas Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara pada Pemilu 2019. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!