Legislator Kaltim Harap Ada Subsidi BPJS Ketenagakerjaan Informal

Ely : Kita Mencoba Melindungi Orang-Orang di Pasar

0 127

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Ely Hartati Rasyid, anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim menyuarakan agar pemerintah dapat memberikan subsidi BPJS Ketenagakerjaan, atau jaminan kerja bagi pekerja informal.

Ely mengungkapkan, pihaknya dari Komisi 2 DPRD Kaltim sudah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Daerah Istimewa Yogyakarja (Jogja) beberapa waktu lalu. Dalam Kunker membahas Program Subsidi BPJS Ketenagakerjaan.

Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, dipilihnya Jogja sebagai lokasi Kunker karena mengetahui di Jogja itu terdapat alokasi anggaran bernama Dana Keistimewaan Yogyakarta yang berasal dari APBN.

Dana ini ditujukan untuk mendanai kewenangan istimewa, dan menjadi salah satu bagian dari dana transfer ke daerah dan Dana Desa.

“Di Jogja ada kuli gendong dan lainnya. Kemudian oleh organisasi serta paguyubannya itu disubsidi pemerintah tekait BPJS Ketenagakerjaannya. Tetap juga mereka ikut iuran, tetapi lebih murah,” ungkap Ely yang terpilih dari Daerah Pemilahan Kutai Kartanegara pada Pemilu Legislatif 2019, Selasa (11/10/2022).

Melihat itu, kata Ely, pihaknya begitu mendorong agar Pemerintah Provinsi Kaltim turut mengadopsi kebijakan Pemerintah Yogyakarta.

“Ketua Pansus sudah saya ceritakan program ini. Kita mencoba melindungi orang-orang di pasar, tukang becak, buruh, tukang angkat-angkat dan pekerja informal lainnya. Kita kasi BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Ely lebih lanjut.

Baca Juga :

BPJS Ketenagakerjaan untuk setiap masyarakat perlu dianggarkan, kata Ely, meski memang semua itu perlu dikonsultasikan terlebih dahulu ke daerah dan biro hukum agar tidak membuat keuangan menjadi bocor.

“Perlu ada regulasinya karena harus sesuai dengan APBD, ada persentase sekian-sekian. Yang utama tentu untuk yang prioritas, kira-kira siapa saja yang akan mendapatkannya. Kalau Jogja, menyasar sektor informal seperti pedagang-pedagang kecil,” sebut Ely.

Ely juga mengaku begitu merasakan dampak positif dari menggunakan BPJS Ketenagakerjaan, terhadap karyawannya.

“Saya merasakan dampak positif menggunakan BPJS Ketenagakerjaan, karena pegawai saya di Tepian Pandan juga didaftarkan. BPJS Ketenagakerjaan bisa diklaim tentu ini manfaat luar biasa. Jadi kenapa tidak diterapkan juga untuk membantu pekerja informal lainnya.” tandas Ely. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/LVL

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!