Komisi 3 DPRD Balikpapan Sidak, Temukan Pengupasan Lahan Tanpa Izin

Alwi : Komisi 3 Akan Bertindak Secara Teliti

0 77
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Camat, dan Lurah Balikpapan Utara, serta dihadiri Ketua RT 42 terkait pengupasan lahan di belakang perumahan Bhumi Nirwana, Kamis (4/2/2021).

Ketua Komisi 3 Alwi Al Qadri menyampaikan adanya aktifitas pengupasan lahan yang dikerjakan selama sekitar 6 tahun yang tidak memiliki izin, hal ini juga disampaikan DLH bahwa pengupasan lahan tersebut tidak berizin.

“Ini tidak ada izinnya, yang namanya pengupasan lahan kalau tidak ada izin itu kan kesalahan fatal, sudah sangat-sangat fatal,” jelas Alwi.

Menurut Alwi, pihaknya akan mempelajari dulu, tidak akan bertindak gegabah karena yang kelola ini berdasarkan informasi yang didapatnya sedikit kebal hukum, atau ada orang di belakangnya karena sudah sering dipanggil namun masih bisa lolos.

“Kita mau rapat dulu di Komisi 3, langkah-langkah apa yang kami mesti lakukan sehingga harus ada titik kejelasannya,” kata Alwi lebih lanjut.

Mudahan-mudahan setelah rapat, masih kata Alwi, ada solusi. Jika ada langkah-langkah krusial yang akan diambil, tidak ada masalah. Namun pihaknya akan memanggil terlebih dahulu untuk berdiskusi pengelolanya.

“Kita mau panggil dulu, Zainal Chakim, coba kita berkomunikasi. Mudahan-mudahan beliau mau dipanggil dulu ke kantor,” sambung Alwi.

Politisi Partai Golkar ini juga menyampaikan, karena ini berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD), ia mempertanyakan mengapa tidak membuat izin jika ingin bekerja.

Ketua RT 42 Sapuan mengatakan, kegiatan pengupasan lahan di wilayahnya ini sejak tahun 2016, namun kegiatan tersebut tidak dilakukan secara rutin.

Baca juga : Ali Munsjir Sebut Camat dan Lurah Memang Tidak Diundang

“Pengerjaan tidak rutin dikerjakan, yang mana perlu, lahannya dia kupas,” jelas Sapuan.

Saat Sidak berlangsung, tidak ditemukan adanya aktifitas pengupasan lahan di tempat itu. Ditengarai karena faktor habis hujan, namun menurut Sapuan alat stand by terus di lokasi itu.

“Pada saat awal memang Pak Zainal menyampaikan ke kita untuk pengupasan lahan,” tandas Sapuan.

Hari ini Komisi 3 DPRD Balikpapan merencanakan melaksanakan Sidak di 3 tempat, beberapa waktu lalu juga telah melaksanakan Sidak pengupasan lahan di Jalan Beller. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!