Ketua DPRD Balikpapan Respon Usulan Warga Dalam Rakorenbang

Abdulloh: Saya Siap Mengawal

0 16

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Abdulloh menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan (Rakorenbang) di  Aula Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Rabu (11/1/2023).

Turut hadir Staf Dinas Pekerjaan Umum, Staf Dinas Pendidikan, Kepala Sub Bagian Costumer Service Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan Suryo Hadi Prabowo, Camat Balikpapan Utara Muhammad Idris, Lurah Karang Joang Maryana, serta puluhan Ketua RT.

Ada 90 utusulan yang disampaikan dalam Rakorenbang tersebut. Dari 90 usulan itu terdapat 21 usulan yang merupakan program prioritas, yang akan diangkat pada Rakorenbang di tingkat Kecamatan.

Para Ketua RT yang hadir juga menyampaikan terkait ketersediaan air bersih, fasilitas sekolah, dan penanganan jalan longsor di Kilometer 15, dan masalah Penerangan Jalan Umum (JPU).

“Kita berharap nanti di Rakorenbang tingkat Kecamatan, usulan yang menjadi program prioritas dapat disetujui hingga ke tingkat kota,” sebut Maryana.

Baca Juga:

Mengenai aliran air bersih seperti yang banyak dikeluhkan warga, mulai dari kilomer 18 hingga kilometer 24. Maryana mengatakan, warga di sepanjang 6 kilometer itu sangat berharap adanya aliran air bersih PDAM.

Lurah Karang Joang ini juga mengakui, rumah warga di sepanjang 6 kilometer itu jaraknya berjauhan. Sehingga belum mendapatkan sambungan pipa dari PDAM Tirta Manuntung Balikpapan.

“Warga Kilometer 18 sampai 24 ini kan memang rumahnya agak berjauhan atau jarang, kecuali rumah-rumah warga yang masuk gang-gang. Tapi yang jelas setiap warga pasti menginginkan air bersih. Mungkin dari pihak PDAM ada perhitungannya, sehingga belum dipasang pipa,” kata Maryana lebih lanjut.

Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh menyampaikan, agar warga melalui Ketua RT selalu aktif berkomunikasi dengan pihak Lurah, Camat, maupun LPM. Supaya semua persoalan di lingkungannya dapat tertangani.

“Soal usulan-usulan di wilayah Balikpapan Utara, saya siap mengawal mulai dari Rakorenbang tingkat Kecamatan sampai kota,” ungkap Abdulloh.

Selain itu, politisi Partai Golkar Balikpapan ini juga menjelaskan, dari 90 usulan di Rakorenbang Karang Joang, sekitar 70 persen merupakan aspirasinya. Kerena melihat kondisi di wilayah Karang Joang, pembangunannya harus dipercepat.

“Dari usulan di Karang Joang, sekitar 70 persen merupakan aspirasi dari saya. Karena saya melihat kondisi di Karang Joang ini, pertumbuhan pembangunannya harus dipercepat. Supaya tidak ada lagi jalan dan gang, yang masih porak poranda,” kata Abdulloh.

Abdulloh juga meminta agar warga melalui RT tidak hanya fokus untuk peningkatan infrastruktur saja, tapi juga bisa mengembangkan perputaran ekonomi di lingkungannya. Seperti pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan pengembangan agro bisnis.

“Penguatan ekonomi sangat penting untuk menunjang kehidupan masyarakat di masa mendatang, jangan hanya fokus terhadap infrastruktur. Tapi juga bisa mengembangkan pertumbuhan ekonomi, seperti UMKM maupun agro bisnis. Silahkan Ketua RT sampaikan kepada Lurah, Camat, LPM supaya bisa dikoordinasikan dengan saya kalau ada agenda-agenda untuk menopang perekonomian di lingkungannya.” tandas Abdulloh. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni

Editor: Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!