Kejar Reward DID, BPKAD Bontang Bertekad Sampaikan LKPD Lebih Cepat

0 50

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bontang mengikuti Rakor BPKAD se-Kaltim di Balikpapan belum lama ini. Hasilnya, Kepala BPKAD Bontang bertekad Bontang harus menjadi percontohan kota di Kaltim yang menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tercepat. Bahkan targetnya bulan Januari 2021 LKPD 2020 sudah bisa disampaikan.

Dijelaskan Kepala BPKAD Bontang Amiluddin, selama ini Bontang mengacu pada Permendagri untuk menyampaikan LKPD setiap tanggal 28 Maret. Hal itu sudah menjadi kebiasaan. Padahal, jika cepat dilakukan pelaporan, yakni di bulan Januari, maka berpotensi mendapatkan reward dari pemerintah pusat.

“Seperti salah satu kota di Sumatera Selatan yang selalu menyampaikan LKPD setiap bulan Januari. Tentu ada reward dari pemerintah pusat berupa dana insentif daerah (DID),” jelas Amiluddin, Senin (10/2/2020).

Padahal Bontang pun kota kecil, dan diyakini oleh Amiluddin bisa melakukan hal yang sama. Oleh karena itu, Amiluddin menginginkan tahun 2021, Bontang menyampaikan LKPD pada bulan Januari. Dengan harapan bisa mendapat DID dan menambah pundi-pundi rupiah untuk kas daerah.

“Tahun ini sudah lewat, tak bisa kami kejar. Kami baru akan menyampaikan LKPD pada 16 Maret mendatang,” ujarnya.

Amiluddin mengimbau semua komponen OPD untuk sungguh-sungguh bekerja sama bukan hanya BPKAD, karena LKPD ada sangkut pautnya dengan OPD, dan mereka harus taat pada edaran. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!