Kasus Virus Corona di Kutim Bertambah 20 Orang

Pasien Pelaku Perjalanan Balik dari Cuti

0 247

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Perkembangan terakahir kasus Virus Corona di Kutim menyebutkan kasus baru Covid-19 jumlahnya bertambah dan menjadi rekor tertinggi, Minggu (5/7/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Bahrani Hasanal mengatakan, terdapat tambahan kasus baru sebanyak 20 kasus. Dengan adanya tambahan kasus baru tersebut, kasus positif Corona di Kutim naik menjadi 71 kasus.

“Iya benar, ada penambahan kasus sebanyak 20, namun yang 1 pasien melakukan uji PCR di salah satu RS swasta yang memiliki alat uji sendiri, saat terpapar baru melapor ke kami. Sementara yang lainnya merupakan karyawan yang baru balik usai melakukan cuti,” jelas Bahrani saat dikonfirmasi, Minggu (5/7/2020).

Bahrani menyebutkan, 19 orang terpapar Virus Corona di Kutim kini telah mendapatkan penangan oleh Tim Gugus Tugas Covid 19 Kutim, dan telah melakukan isolasi di RSUD Kudungga Sangatta dan isolasi mandiri.

Sementara 1 orang yang terpapar Covid 19 atau Virus Corona, merupakan pasien rumah sakit swasta di Sangatta.

“Mereka (RS swasta) memiliki sendiri alat uji PCR. Rencananya mereka itu ingin kami yang menangani. Sementara saat mereka memiliki sendiri alat PCR, dia tidak melaporkan ke kami. Begitu ada terpapar mereka langsung melaporkan kepada kami,” ungkap Bahrani.

Dijelaskan, 19 orang yang terpapar Virus Corona merupakan orang tanpa gejala (OTG). Dan telah melakukan uji lab PCR di RSUD Kudungga Sangatta, dan dinyatakan positif Covid-19.

Ia menambahkan, orang yang terpapar pada hari ini merupakan karyawan perusahaan. Baik yang berada di wilayah Sangatta, Bengalon mapun di Kaliorang. Namun pihaknya belum memberitahu secara rinci karyawan perusahaan mana.

“Saya lupa datanya, mereka dari perusahaan swasta baik tambang yang beroperasi di Sangatta ini, Bengalon maupun yang ada di Kaliorang,” paparnya.

Baca juga : Pilkada Dihadang Corona, KPU Kutim Tunggu Arahan Pusat

Lebih lanjut ia menghimbau masyarakat Kutim agar lebih waspada terhadap penyebaran Covid-19. Pasalnya, sebagian besar yang terpapar adalah OTG yang sulit dideteksi jika tidak melakukan uji tes Rapid maupun PCR.

Total orang yang terpapar positif covid 19 di Kutim sebanyak 71 orang. Sembuh sebanyak 31 orang, meninggal 1 orang, dan masih dirawat sebanyak 37 orang.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga saat ini berjumlah 590 orang, selesai pemantauan sebanyak 574 dan masih proses sebanyak 16 orang.

Kasus Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 82 orang. PDP yang dinyatatakan negative sebanyak 30 orang dan 1 orang masih dalam proses. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!