“Jual” Korban Kebakaran Fiktif, Ma Ditangkap Relawan Inafis

Dua Rekan Pelaku Meminta Sumbangan Melarikan Diri

0 55

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Seorang pemuda warga Muso Salim berinisial Ma (19) tertangkap basah sedang meminta sumbangan fiktif, dengan modus mengatasnamakan bantuan untuk korban kebakaran, Senin (23/8/2021) siang.

Ketua Relawan Info Taruna Samarinda (ITS) Joko Iswanto menjelaskan, jika sudah kerap kali menerima informasi jika di perempatan Jalan Pulau Sebatik sering ada oknum yang meminta sumbangan fiktif kepada pengendara yang lewat.

“Iya, memang sering dapat info kalau sering ada yang meminta – minta sumbangan di perempatan Jalan Sebatik. Lalu pada hari ini relawan Inafis menangkap basah oknum tersebut saat beraksi, pelaku ini mengaku untuk korban kebakaran di Jalan Damanhuri. Padahal setelah kami periksa tidak pernah terjadi kebakaran di kawasan Damanhuri,” ujar Joko kepada awak media DETAKKaltim.Com.

Joko melanjutkan, jika oknum tersebut berjumlah 3 orang. Namun 2 di antaranya berhasil melarikan diri. Selain berhasil mengamankan 1 orang, relawan Inafis juga mengamankan Uang yang didapat dari hasil meminta-minta sumbangan.

“Yang tertangkap hanya satu orang, dua orang temannya berhasil kabur. Setelah diperiksa ada sejumlah uang sebesar Rp215 Ribu yang diduga hasil meminta sumbangan fiktif. Dan memang hasilnya ini untuk kepentingan pribadi tidak disumbangkan untuk korban kebakaran, dan setelah kami cek memang bukan dari satuan relawan manapun,” lanjut Joko.

Baca Juga :

Setelah berhasil mengamankan Ma beserta Uang dari hasil meminta-minta, selanjutnya para relawan memyerahkan pelaku ke Polsek Samarinda Kota.

“Segenap relawan segera menyerahkan pelaku ini ke Polsek Samarinda Kota untuk diproses hukum, dan harapannya untuk ke depan tidak ada lagi oknum seperti ini karena jelas merugikan masyarakat.”  tandas Joko. (DETAKKatim.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!