Dapat ADD Rp3 Miliar, Desa Purwa Giri Bangun Fasilitas Umum

0 58

DETAKKaltim.Com, PPU : Desa Giri Purwa, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mendapat Alokasi Dana Desa (ADD) senilai Rp3 Miliar yang bersumber dari APBD dan APBN, sebut Sudarno, Kades Giri Purwa di kediamannya, Kamis (6/4/2017).

“Dana  ini diprioritaskan untuk meningkatkan pembangunan fasilitas umum. Yang tak kalah pentingnya meningkatkan pendapatan asli desa melalui BUMDes Anugerah, yang tahun 2016 lalu laba kurang lebih Rp150 Juta dan sudah mempunyai aset yaitu lahan Sawit 7 hektar,” bebernya.

Untuk meningkatkan pendapatan asli Desa Giri Purwa tahun 2017 ini, lanjutnya, pihaknya mengalokasi dana Rp200 Juta yang digunakan untuk perawatan lahan Sawit. Selain itu untuk pembuatan kandang dan pagar seluas 1 hektar, dan pembelian 12 ekor Sapi untuk dikembangkan senilai Rp80 denga cara memberdayakan dan memberikan lapangan kerja kepada warga.

Bambang sebagai Direktur BUMDes Anugerah Desa Giri Purwa optimis, dengan penggunaan dana seminim mungkin program bisa berjalan sukses. Dengan harapan meraih keuntungan yang besar dengan melibatkan warga masyarakat pekerjanya.

“Bukan itu saja, kami bekerja sama dengan Bank BNI Cabang Petung menyalurkan KUR yang bertujuan memudahkan warga melakukan simpang pinjam. Selain itu warga bisa membayar tagihan listrik, untuk kebutuhan anak kuliah, dan banyak kemudahan lain tanpa harus ke Bank,” ujarnya.

Ia berharap peluang dan program ini bisa sukses dan meraih keuntungan yang besar, agar ke depannya BUMDes bisa menjadi contoh dan motivasi desa – desa lain. (Amran)

 

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!