Isak Tangis Iringi Keberangkatan Jama’ah Calon Haji Asal Samarinda

0 78

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebanyak 360 orang jama’ah calon haji di Samarinda Kalimatan Timur di berangkatkan ke tanah suci Makkah, Rabu (10/8/2016).

Keberangkatan ratusan jam’ah calon haji melalui embarkasi Balikpapan tersebut diiringi isak tangis para keluarga yang mengantar.

Berdasarkan pantauan Wartawan DETAKKaltim.Com, ribuan pengantar memadati lapangan parkir Stadion Segiri Samarinda. Bahkan saat para jama’ah calon haji hendak menaiki mobil, sejumlah warga terlibat aksi saling dorong, Satpol PP terlihat kewalahan mengatur mereka.

Pada tahun 2016 ini, Samarinda memiliki kuota haji sebanyak 430 orang jama’ah, namun keberangkatan dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama sebanyak 360 orang, 5 orang di antaranya merupakan pendamping dari Kementerian Agama, sementara sisanya 70 orang akan diberangkatkan pada kloter kedua tanggal 24 September mendatang.

Labbaik Allahumma Labbaik, artinya adalah kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah.
Ratusan jama’ah calon haji asal Samarinda bersiap berangkat ke Tanah Suci Makkah. “Labbaik Allahumma Labbaik,  kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah”  (foto:Gladis)

3 dari ratusan orang jama’ah haji terpaksa menggunakan kursi roda lantaran memiliki penyakit tertentu dan ada juga karena faktor usia.

Suhari salah satu calon jama’ah haji  yang menggunakan kursi roda saat ditemui mengaku tidak khawatir meski ia menggunakan kuris roda, apalagi dirinya sudah memiliki tekad yang kuat untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Saya mendaftar haji sejak tahun 2009, sudah tujuh tahun saya menunggu. Meski saya sedang sakit namun saya harus kuat, dan saya sudah sangat semangat untuk mengikuti ibadah haji,” ujar Suhari.

Kepala Kantor Kementerian Agama Samarinda Masdar Amin mengatakan, sebelum diberangkatkan ke tanah suci, para jama’ah calon haji sudah melakukan persiapan-persipan khusus, di antaranya persiapan manasik haji yang di gelar secara rutin oleh Kementerian Agama Samarinda. Selain dilaksanakan di kantor jama’ah haji, manasik haji juga digelar di tiap-tiap kecamatan, hal tersebut dilakukan sebagai persiapan agar proses haji yang dilakukan para jama’ah berjalan sesuai yang diharapkan.

“Tidak ada masalah dalam keberangkatan para jama’ah haji ini, karena jauh-jauh hari kami sudah melaksanakan persipan-persiapan yang matang, di antaranya melakukan manasik haji, baik di kantor Kementerian Agama maupun di kecamatan,” ujar Masdar Amin. (Gladis)

 

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!