Hingga Pukul 15:00 WITA, Upaya Pencarian 1 Orang Korban Longsor Tambang Masih Nihil

0 423

DETAKKaltim.Com, Samarinda : Dua orang pekerja Tambang Batubara PT Mitra Indah Lestari (MIL) yang tertimbun longsor diketahui bernama Medi dan Agus di atas bukit saat bekerja, Selasa (8/3/2016) sekitar Pukul 09:00 WITA. Kedua korban merupakan operator alat Excavator.

Berdasarkan pengakuan Murtalib rekan kerja korban, saat kejadian kedua korban sempat meminta tolong ketika tanah dari atas bukit menimpanya.

“Medi berteriak di radio Handtalk (HT) meminta tolong, dirinya sudah tertimbun longsor. Seluruh pekerja mendengar itu langsung berlari menuju lokasi longsor. Hanya satu orang yang bisa kami selamatkan, Agus yang saat itu berada dalam truk besar,”  kata Murtalib, pekerja PT MIL yang diwawancarai Wartawan DETAKKaltim.Com di lokasi kejadian.

LONGSOR-BUKUAN-PALARAN
Rekan korban terus memantau upaya penggalian yang mengggunakan Excavator. (foto:Gladis)

Murtalib bersama rekan-rekannya dengan cepat menggali tanah yang menimbun kendaraan truk besar di kawasan konsesi Batubara milik PT Energi Citra Industritama (ECI). Para pekerja mendobrak jendela truk dan berhasil evakuasi Agus di dalamnya. Agus lalu dilarikan ke rumah sakit dan hanya menderita luka ringan.

Hingga Pukul 15:00 WITA Kepolisian dan tim pencarian terus menggali tanah longsoran untuk mencari Medi (28).

Tiga unit Excavator dikerahkan untuk mengeruk tanah longsor setinggi 10 meter tersebut. Polisi juga dikerahkan ke lokasi kejadian untuk menyelidiki penyebab longsor Tambang Batubara di kawasan Bukuan Palaran, Samarinda tersebut.

Wakapolsek Palaran Ajun Komisaris Polisi Agus Setiyo mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyelidiki kasus ini. Bahkan sudah ada beberapa saksi yang diperiksa, dugaan sementara penyebab longsor tambang akibat kelalaian.

“Bisa dikatakan ya (akibat kelalaian teknik penggalian tambang). Tapi, ini harus selidiki lagi,” tandasnya. (Gladis)

 

(Visited 39 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!