Duh! Program Bankeu Kaltim 2021 Terhambat Dilaksanakan

Sarkowi : Kabupaten/Kota Belum Kumpulkan Berkas

0 141

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Program Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kalimantan Timur untuk 10 Kabupaten/Kota pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim Tahun 2021 belum berjalan mulus.

Pasalnya dari 1.200 program, saat ini baru 200 Program Bankeu Pemprov Kaltim yang memiliki dokumen administrasi lengkap. Hal itu disampaikan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim Sarkowi V Zahry ketika dikonfirmasi, Kamis (18/3/2021).

Disampaikannya, bahwa sampai saat ini dari 1.200 Program Bankeu yang sudah disampaikan datanya ke Kabupaten/Kota, baru 200 program yang dibarengi dokumen administrasi lengkap.

Menurutnya, jika ini tidak dilengkapi dengan baik maka pelaksanaan program tersebut akan terlambat.

“Kabupaten/Kota harus melengkapi datanya, seperti proposal, DED, dan lainnya,” kata Sarkowi melalui sambungan telepon.

Sarkowi menyampaikan, kelengkapan data itu akan menentukan cepat tidaknya masuk tahapan eksekusi berikutnya. Proaktif Kabupaten/Kota melengkapi data sangat diperlukan agar tahapan asistensi bisa dilaksanakan. Mengingat, masih ada proses berikutnya seperti lelang dan lainnya.

Baca juga : Pembangunan IKN Tertunda, Legislator Kaltim Sebut Hanya Rugikan Investor

“Kalau sampai akhir Maret ini belum asistensi, bisa dibayangkan bulan berapa lagi program itu akan dilaksanakan,” kata anggota Komisi 3 DPRD Kaltim ini.

Lebih lanjut ia merujuk penjelasan Kepala BPKAD Kaltim Muhammad Sa’duddin bahwa, BPKAD sudah memberikan penegasan ke Kabupaten/Kota soal segera dilengkapinya dokumen Bankeu, namun hasilnya belum menggembirakan.

“Kata Pak Sa’duddin, Kabupaten/Kota sudah disurati, mengirim utusan tapi tetap progresnnya baru 20 persen. Ada juga yang datang ke Pemprov konsultasi, tapi sesudah itu belum ada progres juga,” pungkas Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Kaltim tersebut. (DK.Com)

Penulis : adt

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!