DPRD Kaltim Ingatkan Jangan Pilih Direksi Karena Kedekatan Emosional

Makmur : Harapannya Agar Perusda Ini Benar-Benar Bermanfaat

0 93

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Setelah melalui proses panjang tahapan seleksi, kini para calon Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kaltim tinggal menunggu keputusan akhir dari Gubernur dan Wakil Gubernur, berdasarkan hasil nilai proses seleksi terbaik.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK mengatakan, ia tidak pernah terlibat langsung dalam proses seleksi ini. Kendati demikian, tetap siap apabila diminta untuk memberikan masukan kepada Pemprov Kaltim.

“Kami harap Direksi Perusda betul-betul sesuai dengan profesinya. Kemudian bisa memberi manfaat kepada masyarakat. Bukan ditunjuk begitu saja,” ungkap Makmur ketika dikonfirmasi DETAKKaltim.Com, Sabtu (1/5/2021).

Makmur meminta agara para pejabat Direksi Perusda yang sebelumnya memiliki kinerja buruk, agar tidak dipilih lagi. Hal ini ia sampaikan berkaitan dengan ranah DPRD Kaltim, yang hanya dapat mengevaluasi proses seleksi.

Sementara itu, mengenai kriteria penunjukan calon Direksi, menurutnya paling tidak calon Direksi harus mengikuti uji kompetensi, kelayakan, sportif, dan punya nilai bagus pada bidang tertentu.

“Termasuk visi misi yang jelas. Terutama rekam jejaknya,” ucap politisi Partai Golkar tersebut.

Makmur mengingatkan, dalam penentuan Direksi semua harus profesional. Tidak boleh ada faktor kedekatan emosional, apalagi sampai ada kepentingan politik.

“Kalau ada calon Direksi dari partai politik, apalagi titipan pimpinan partai, itu seyogyanya  tidak boleh. Pasti orientasinya akan lain,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Makmur juga menyampaikan pengalamannya ketika masih menjabat sebagai Bupati Berau. Kala itu ia mendapati Perusahaan Daerah yang setiap tahunnya menerima hibah, namun tidak menghasilkan kinerja optimal.

Langkah yang seharusnya diambil dalam situasi ini, kata Makmur, ialah dengan langsung menutup perusahaan tersebut.

“Harapannya agar Perusda ini benar-benar bermanfaat. Dan jangan membebani Pemerintah Daerah dan APBD Kaltim.” pungkas Makmur. (DK.Com)

Penulis : Adt

Editor   : Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!