DPRD Balikpapan Usulkan Buka Eks Pelabuhan Ferry Somber

Alwi : Memecah Kepadatan Bongkar Muat di Pelabuhan Kariangau

0 189

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Padatnya arus barang dan bongkar muat di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan Barat, Kaltim, saat ini membuat legislative Kota Minyak memunculkan ide untuk mengoperasikan kembali eks Pelabuhan Ferry Somber yang terletak di bagian utara Balikpapan.

Menurut Ketua Komisi 3 DPRD Kota Balikpapan Alwi Al Qadri, mengoperasikan kembali eks-Pelabuhan Ferry Somber, Balikpapan Utara, menjadi Pelabuhan Penumpang dan tempat bongkar muat barang, akan membantu memecah kepadatan bongkar muat di Pelabuhan Kariangau, Balikpapan Barat.

Karena itu, pihaknya mengusulkan kepada Pemerintah Kota Balikpapan agar eks Pelabuhan Ferry Somber di Jalan Abdul Wahab Syahranie, Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, agar segera  difungsikan.

“Ke depan eks Pelabuhan Ferry Somber melalui Wali Kota Balikpapan terpilih agar memikirkan pengoperasian kembali Pelabuhan Somber ini sebab peluang bisnisnya cukup besar,” kata Alwi Al Qadri, Jum’at (23/4/2021).

Politisi Partai Golkar ini menilai, perlu dibangun sarana dan prasarana penunjang kegiatan operasional, seperti pergudangan, kantor pelabuhan, serta area parkir.

Alwi berharap ada dukungan dari  Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serta Kementerian Perhubungan, agar eks Pelabuhan Ferry Somber ini bisa beroperasi kembali. Baik itu untuk bongkar muat barang, maupun untuk angkutan penumpang Balikpapan-Penajam Paser Utara dan sebaliknya.

Ketika eks Pelabuhan Feri Somber ini dibangun, kata Alwi lebih lanjut, manfaatnya bagi masyarakat cukup besar terutama di sektor ekonomi serta mampu meningkatkan Pendapat Asli Daerah. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!