Di Tenggarong Juga Bisa Lihat Gerhana Matahari Total

0 93

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Dunia sedang menyambut hadirnya fenomena langka bernama Gerhana Matahari Total (GMT). Di Indonesia, hanya 10 kota yang mendapat ‘anugerah’ karena terlewati GMT. Di Kaltim, hanya Balikpapan yang mendapat keistimewaan tersebut. Tapi bagi warga Samarinda dan Tenggarong tidak mesti ke Balikpapan jika ingin menyaksikan GMT, karena di Tenggarong juga bisa.

Simulasi
Simulasi menyambut GMT. (foto:Ahmad)

Ya, Planetarium Tenggarong mengadakan nonton bareng GMT. Masyarakat bisa menyaksikan melalui teropong, layar raksasa, atau pun dengan kacamata khusus yang tentunya bisa dibeli langsung di Planetarium.

Dikatakan oleh staf Planetarium Tenggarong, Wedy Handoko ada 4 alat yang akan dioperasikan untuk mengabadikan momen GMT.

“Dua alat manual dan yang dua otomatis sehingga setiap detik momen tersebut (GMT, baca) bisa direkam,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, pengelola Planetarium mengadakan simulasi pada Senin (7/3/2016) dan tak ada hambatan berarti.

“Kita melaksanakan simulasi untuk memastikan alat berfungsi dengan baik,” tambah Wedy.

Dengan bisa difungsikannya semua alat yang ada, berarti pada tanggal 9 nanti, warga Samarinda dan Tenggarong bisa menjadikan Planetarium Tenggarong sebagai destinasi tempat untuk menyaksikan momen-momen berharga yang terakhir kali terjadi di tahun 80-an tersebut. Bagaimana, tertarikkah anda? (Ahmad)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!