Di Hadapan Pelajar, Komisioner KPU Balikpapan Sebut Pentingnya Demokrasi dan Pemilu

0 94

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisioner Komis Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Syahrul Karim hadir dalam kegiatan pemilihan Ketua OSIS SMPN 1 Balikpapan, Jum’at (11/10/2019) pagi

Di hadapan dewan guru dan ribuan pelajar, Syahrul dalam sambutannya memberikan paparan tentang pentingnya demokrasi serta pentingnya pemilihan umum. Dimana dalam memilih seorang pemimpin itu harus benar-benar dipilih dari rakyat dengan cara LUBER dan JURDIL, yaitu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

“Nah adik-adik ini kan sudah menerapkan ini. Seperti langsung, artinya pemilihan ini tidak boleh diwakilkan. Jadi langsung itu yang bersangkutan memiliki hak yang sama dalam memilih pemimpinnya,” kata Syahrul.

Usai pemilihan, panitia melakukan penghitungan suara. Dari hasil penghitungan suara diketahui hasilnya Berliana Aprilia (145), Azwar Danu Pratama (179), Dimas Stevano E (365), Saraswati Ardianingrum (124), dan Nabila Gadistia (153 Suara).

“Dari 1.200 peserta, ada 1.061 yang menggunakan hak suara. Dan saudara Dimas Stevano yang berhasil meraih suara terbanyak,” kata Muhammad Dendi Krisnadi, ketua panitia pemilihan.

Hasil pemilihan Ketua OSIS ini sekaligus membentuk kepengurusan OSIS. Untuk suara terbanyak langsung menjadi Ketua OSIS. Sedang suara terbanyak kedua, menjadi wakil ketua, berikutnya suara terbanyak ketiga hingga kelima menjadi sekretaris dan bendahara.

“Ya memang begitu ketentuannya. Dalam Pemilos ini, langsung dibentuk jajaran pengurus. Suara terbanyak menjadi ketua dan seterusnya menjadi wakil ketua, sekretaris satu dan dua. Dan bendahara,” ujar Dendi lagi. (***/Roni S)

(Visited 17 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!