Gunakan APBDes, Desa Binuang Bangun Fasilitas Umum

0 472

DETAKKaltim.Com, PPU : Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Binuang, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, Tahun Anggaran 2017 yang bersumber dari APBN dan APBD kabupaten dialokasikan untuk pembangunan fasilitas umum senilai Rp800 sampai Rp900 Juta.

Hal itu disebutkan Madan, Kepala Desa Binuang  kepada Wartawan DETAKKaltim.Com,di ruang kerjanya, Selasa (4/4/2017).

“Untuk mempermudah petani melakukan aktivitas memanen maupun ke lahan mereka, saya dan tim pengelola kegiatan membangun dan meningkatan jalan usaha tani di Tahun Anggaran 2017 ini,” jelas Madan.

Lanjutnya, ada dua titik yang menjadi prioritasnya dalam penyerapan APBDes tersebut. Pertama untuk meningkatkan sarana kesehatan terutama ibu dan Balita melalui peningkatan pelayanan sarana Posyandu.

“Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Puskesmas terkait dengan fasilitas yang dibutuhkan Posyandu, dan anggarannya sudah kami anggarkan. Yang mana tidak dianggarkan Dinas Kesehatan, desa yang menganggarkan,” imbuhnya.

Yang kedua, tidak kalah pentingnya, lanjut Madan, pendidikan anak usia dini (PAUD). Karena Desa Binuang ini meraih prestasi untuk kategori pengelola PAUD terbaik.

“Untuk Tahun Anggaran 2017 ini, saya fokus membuatkan pagar,” kata Madan lagi.

Untuk mengantisipasi kekurangan air saat musim kemarau di Desa Binuang, pihaknya akan berkoordinasi dengan unit pelaksana teknis Pekerjaan Umum Sepaku membuat Embung Air.

“Saya berharap kepada warga masyarakat memberikan saran maupun masukan, agar pelaksanaan pembangunan di Desa Binuang tepat sasaran,” tandas Madan. (Amran).

 

(Visited 108 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!