Curah Hujan Tinggi, Akses Jalan Desa Bukit Subur Rusak

0 409

DETAKKaltim.Com, PPU : Intensitas hujan awal Bulan Januari cukup tinggi sehingga banyak masyarakat yang akan melakukan aktivitas terganggu. Namun bukan itu saja, dampaknya juga berpengaruh pada beberapa kebutuhan masyarakat yang semakin melonjak harganya seperti Cabai.

Bagi Desa Bukit Subur, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU Kalimantan Timur, curah hujan yang cukup tinggi berdampak pada akses jalan menuju ke desa ini di beberapa tempat mengalami kerusakan pařah.

Asep Andriawan, Kades Bukit Subur. (foto:Amran)

Asep Andriawan, Kades Bukit Subur menyebutkan, kewenangan perbaikan akses jalan ke Desa Bukit Subur masih wewenang pemerintah kabupaten. Namun ia dan warganya berinisiatif melakukan perbaikan meski hanya untuk sementara.

“Karena sifatnya mendesak saya sebagai Kepala Desa berinisiatif untuk perbaikan jangka pendek,” sebutnya, Jum’at (6/1/2017).

Untuk mengantisipasi kerusakan jalan yang lebih parah lagi, Asep mengatakan mengundang warga dan perangkat desa untuk berdialog mencari alternatif dan solusi perbaikan jalan dengan cara swadaya.

“Masyarakat membeli batu dan pengerjaannya secara gotong royong, ini mendapat respon positip dari warganya,” ujarnya.

Asep menambahkan, yang paling merasakan dampak kerusakan akses jalan selain warganya yang melakukan aktivitas keluar dan masuk Desa Bukit Subur untuk membeli kebutuhan pokok, dan menjual hasil perkebunan seperti Karet dan Sawit yaitu anak sekolah, karena untuk Sekolah Menengah Atas harus ke Sotek dengan jarak kurang lebih 12 Kilometer.

Ia berharap pemerintah kabupaten unutk segera memperbaiki akses jalan yang cukup vital bagi masyarakat di Desa Bukit Subur. (Amran)

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!