Cagub Pertama Kunjungi Kecamatan Kelay, Rusmadi Kagetkan Warga

0 72

DETAKKaltim.Com, BERAU :  Melintas di jalan poros Trans Kaimantan dari Tanjung Redeb – Kelay Kabupaten Berau, calon Gubernur Kaltim nomor urut 4, Rusmadi Wongso, mengakui merasa senang karena kondisi jalannya sudah mulus.

“Jalannya sudah mulus. Penumpang mobil bisa tidur nyenyak,” komentar Rusmadi, sesaat menyinggahi Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau, Selasa (17/4/2018) malam.

Singgah di Kecamatan Kelay, membuat kaget warga ketika melihat sosok Rusmadi dan rombongan berada di kampung mereka. Warga tidak menyangka mantan Sekdaprov Kaltim itu mau bersusah-susah menempuh perjalanan darat dari Tanjung Redeb.

“Ini baru calon Gubernur Kaltim yang pertama ke sini (Kelay-red),” kata Panebun, salah satu warga Kelay.

Panebun juga memuji kekuatan fisik Rusmadi meski usia sudah tak muda.

“Bapak Rusmadi ini kuat,” katanya.

Selama perjalanan menuju Kelay, tak sedikit kendaraan besar melintas. Rombongan Rusmadi sebanyak 6 unit mesti hati-hati melewati tikungan tajam disertai tanjakan dan turunan.

“Alhamdulillah, jalanan Kelay sudah mulus. Dan, banyaknya kendaraan besar di jalan menunjukan perekenomian Kaltim itu tumbuh dan bergerak,” kata Rusmadi.

Rusmadi tiba di Kelay, sekitar Pukul 22:00 Wita. Sejak sore, pria memulai karir PNS sebagai staf pengajar di Universitas Mulawarman ini berangkat dari Tanjung Redeb menuju Kelay dan singgah di Desa Bukit Makmur Segah.

Di Desa Bukit Makmur Kecamatan Segah, Rusmadi menjanjikan jika diberikan amanah memimpin Kaltim, pada tahun pertama memberikan dana Desa mandiri Rp5 Miliar untuk daerah tersebut.

“Pemberian dana Desa ini bukan bagi-bagi uang. Tapi, dana Desa ini sebagai tantangan. Agar masing-masing Desa berkompetisi, siap untuk membangun daerahnya,” kata Rusmadi di Segah.

Pagi harinya, Rusmadi dan rombongan sudah ada di Desa Marga Mulia, Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur. Di tengah menikmati hidangan Coto Makassar, Rusmadi diajak warga setempat meninjau fasilitas khusus perlombaan burung.

Ketika melihat bangunan gantungan sangkar burung, Rusmadi mengakui tak mampu seperti penghobi burung. Alasannya, penghobi burung harus punya waktu khusus untuk merawat burung, sedangkan dirinya tak bisa karena kepadatan kerja sewaktu masih Sekdaprov Katim.

“Saya sudah 10 kali mau merawat burung, tapi nggak bisa. Masalahnya saya sering bertugas (keluar kota),” kata Rusmadi saat melihat Burung Cucakrowo milik warga.

Jabatan terakhir Rusmadi sebagai Sekretaris Daerah Pemprov Kaltim selama 3 tahun dan 7 tahun sebagai Kepala Bappeda Kaltim, menuntut dirinya harus berpergian ke luar daerah baik itu ke Jakarta maupun keliling Kaltim.

Rusmadi berada di Kecamatan Kongbeng, dalam rangka silaturrahmi dan memperkenalkan diri ke masyarakat Desa Miau Baru, yang sebagian besar warganya suku Dayak Kayan dan lainnya suku Kutai, Jawa, Bugis.

Sejak 10 April 2018, Rusmadi telah lakukan perjalanan mulai dari kota Samarinda menuju Panajam Paser Utara (PPU) melalui Kecamatan Sepaku. Lalu, ke Kabupaten Paser. Rusmadi keliling Desa untuk mendekatkan diri kepada masyarakat pedesaan, agar mengetahui persoalan di lapangan dan situasi kondisinya. (LVL)

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!